Penyuluhan Profesi Akuntansi Pada Siswa Dan Siswi SMK Nurul Huda Baros

Authors

  • Salahudin Alamsyah Universitas Pamulang

Abstract

Profesi Akuntansi memiliki peranan besar untuk meningkatkan transparansi dan kualitas informasi keuangan demi terwujudnya perekonomian nasional yang sehat dan efisien. Tidak ada proses akumulasi dan distribusi sumber daya ekonomi yang tidak memerlukan campur tangan profesi Akuntan. Minimnya pengetahuan terkait bidang profesi akuntansi membuat siswa dan siswi kurang berminat menjadi seorang akuntan, ini menjadi salah satu faktor kenapa jumlah akuntan di Indonesia semakin menurun. Sedangkan negara Indonesia saat ini masih sangat membutuhkan banyak tenaga akuntan. Karena itu, dengan adanya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini diharapkan siswa siswi dapat teredukasi,termotivasi serta mendapatkan wawasan terkait profesi akuntansi, sehingga bisa melanjutkan karirnya ke jenjang yang lebih tinggi serta agar tidak ada keraguan untuk memilih kariernya menjadi seorang akuntan. Metode yang digunakan dalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yaitu metode pendekatan kepada masyarakat secara langsung dengan memberikan penyuluhan dan sosialisasi pada siswa dan siswi SMK Nurul Huda Baros. Hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMK Nurul Huda Baros membawa dampak positif, siswa dan siswi mendapatkan pengetahuan serta wawasan baru tentang profesi akuntansi. Dapat disimpulkan bahwa Profesi akuntansi memiliki peranan yang besar dalam perekonomian nasional.Sedangkan,Indonesia masih banyak kekurangan akuntan yang profesional.Karena itu,kami melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) guna mengedukasi serta memotivasi siswa dan siswi untuk bekal karier nya dimasa depan menjadi seorang akuntan yang profesional. Saran : Melihat minimnya pengetahuan siswa dan siswi terkait profesi akuntansi, diharapkan guru/tenaga pengajar bisa memberikan ilmu pengetahuan lebih terhadap siswa dan siswi khususnya pada kejuruan Akuntansi,agar siswa siswi saat tamat sekolah memiliki wawasan dan bekal untuk bisa melanjutkan pendidikan serta menentukan kariernya di bidang akuntansi.

 

Kata Kunci: Penyuluhan ; Profesi Akuntansi ; Pengabdian Kepada Masyarakat

References

Agustina, R., Pertiwi, D. A., Ardiana, M., Ervina, D., & Irawati, W. (2020). Peningkatan Literasi Siswa SMK Pada Bidang-Bidang Akuntansi dan Jenis-Jenis Profesi Akuntansi. ABIDUMASY Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 54-57.

Anisa Yusi Endayani, Banu Witono. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 213-223, 2021 PENGARUH TINGKAT

PEMAHAMAN, MOTIVASI KARIR, MOTIVASI KUALITAS, DAN SIKAP TERHADAP MINAT SISWA AKUNTANSI UNTUK

MENGAMBIL PROFESI CHARTERED ACCOUNTANT.

Dewi, I. G. A. R. P., Putri, P. Y. A., & Dewi,

C. I. R. S. (2018). Niat Untuk Mengambil Sertifikasi Akuntan Dengan Pengujian Theory of Planned Behavior Dan Teori Motivasi. JIA (Jurnal Ilmiah Akuntansi), 3(2).

Dyastari, N. P. S., & Yadnyana, I. K. (2016). Pengaruh motivasi pada minat mahasiswa non akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi. E-Jurnal

Akuntansi, 16(1), 333-361.

Kusumo, D., & Achyani, F. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Naukoko, Princilvanno A. "Profesi Akuntan Di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)." Journal of Asean Studies on Maritime Issues 3.4 (2018): 42-51.

Nurhayani, U. (2012). Pengaruh motivasi

terhadap minat mahasiswa akuntansi

untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAk)(Studi empiris pada perguruan tinggi swasta Medan). Jurnal Mediasi, 4(01), 59-67.

Nurabiah, N., Pusparini, H., Fitriyah, N., Iskandar, N., & Susanto, I. (2023). PENINGKATAN LITERASI SISWA SMA 2 MATARAM PADA BIDANG-BIDANG AKUNTANSI DAN JENIS-JENIS PROFESI

AKUNTANSI. Jurnal Abdimas Sangkabira, 3(2), 164-170.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Articles