Membangun Jiwa Wirausaha Yang Berkompeten Dalam Literasi Digital Pada SMAN 1 Cikeusal

Authors

  • Dede Roni Ronaldi Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan utama Pengabdian kepada masyarakat (PKM) adalah mendekatkan lembaga pendidikan dengan masyarakat, sehingga perguruan tinggi dapat membantu masyarakat dalam bidang edukasi, penyuluhan, pengembangan sumber daya insani dan pengetahuan masyarakat serta mensejahterakan ekonominya. Target yang dipilih adalah para remaja atau siswa dan siswi SMAN 1 Cikeusal yang produktif dan penuh semangat. Berdasarkan survei yang dilakukan kelompok, diketahui bahwa masih kurangnya kompetensi yang dimiliki oleh siswa dan siswi SMAN 1 Cikeusal terutama dalam Memanfaatkanya Teknologi Digital untuk berwirausaha dalam lingkungan sekolah baik cara mempromosikan produk, target pemasaran, dan produk yang akan diproduksi. Sehingga diperlukan pemahaman secara langsung melalui kegiatan pengabdian Kepada masyarakat. Dengan adanya pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini mahasiswa Universitas Pamulang PSDKU Serang Prodi Akuntansi akan berbagi ilmu Pengetahuan sebagai bentuk implementasi kepada lingkungan SMAN 1 Cikeusal tentang Kompetensi Wirausaha Dalam Literasi Digital. Tujuan dalam kegiatan wirausaha ini adalah menjadikan siswa-siswi SMAN 1 Cikeusal Memiliki kompetensi wirausaha dalam literasi digital dan membantu perekonomian mereka dalam berwirausaha.

 

Kata Kunci: Literasi digital; Teknologi ; Wirausaha; Masyarakat

References

Ajani Restianty Corporate Communication /Postgraduate Programme, London School of Public Relations Jakarta. 2018. Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Jurnal Kehumasan,Volume 1, Nomor 1.

Herlin, Siti Khotitul Aini, Susilawati. Asyik Belajar Akuntansi Untuk Mengelola Keuangan Milenial Di Era Baru Bersama Anak Panti Asuhan Amanah Tingkat Sd Dan Smp. Jurnal Pengabdian Kepada masyarakat, Vol.2 No.2 .

Ibnur Rusi, M. L. (2022). Peningkatan Pengetahuan Generasi Muda dalam Etika Penggunaan Teknologi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 4 No 3.

Legina,Xena,and Irma Paramita Sofia. 2020. Pemanfaatan Software Pembukuan Akuntansi Sebagai Solusi Atas Sistem Pembukuan Manual Pada Umkm.Jurna Neraca : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(2).

M Aldi Fahrizala, Bustomi, Irma Irawati. (2022). Literasi Keuangan Berbasis Sistem Aplikasi untuk Mempermudah Pencatatan Keuangan bagi Individu atau Kelompok Khususnya di Dunia Umum,Jurnal Pengabdian Kepada masyarakat, Vol.2 No.2.

Muhammad Givari Sono, Erwin, Muhammad Ammar Muhtadi. (2023). "Strategi Pemasaran Digital Dalam Mendorong Keberhasilan Wirausaha Di Era Digital". Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science, Vol.1 No.4

Mustofa, B. Heni Budiwati. (2019).Peroses Literasi Digital Terhadap Anak: Tantangan Pendidik an Di Zaman Now. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan. Volume 11, Nomor 1.

Narsa, I Made, Agus Widodo, and Sigit Kurnianto. 2012.Mengungkap Kesiapan UmkmDalam Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik ( Psak-Etap ).

Steinbart, M. B. (2018). Sistem Informasi Akuntansi: Accounting Information Systems. Pearson.

Wijaya, T. (2018). Strategi Pemasaran Digital: Memenangkan Persaingan di Era Digital. Jakarta: PT Alex Media Komporindo. Ningtyas, M. N. (2019). Literasi Keuangan pada Generasi Milenia. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, Volume 13 Number 1

Zoel Mutabarat. (2017). Minat Mahasiswa Untuk Menjadi Wirasuara. Jurnal Akuntansi dan Manajemen (Jurakunman), Vol.11, No.7

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Articles