Penerapan Media Racetrac Science Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Pada Pokok Bahasan Cahaya, Lensa, Cermin Dan Alat Optik

Authors

  • Sarina Rosmedia Tambun SMPN 10 Tangerang Selatan Tangerang Selatan

Abstract

ABSTRACT

This study aims to determine the increase in science learning achievement on the subject of light, lenses, mirrors and optical devices using Racetrack Science as the media. The research was conducted on Class VIII-1 students at SMP Negeri 10 Tangerang Selatan City using experimental techniques. Developmental data obtained through observation of attitudes and evaluation of learning outcomes. The main instrument in this study used the Student Worksheet and attitude observation sheets. The indicator of student success is science learning achievement above the KKM (75). The average science learning achievement at the beginning of the cycle was 54.33, cycle 1 was 61.75, cycle 2 was 70.72, and cycle 3 was 80.19. Based on the results of the analysis, it is concluded that Science Learning Achievement can be improved by using Racetrack Science media, on the subject of light, lenses, mirrors and optical instruments. The results of this Classroom Action Research can be used as reference material to improve student learning outcomes.

Keywords: Media; Light; Learning outcomes

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPA pada pokok bahasan cahaya, lensa, cermin dan alat optik dengan menggunakan media Racetrack Science (Pacuan Kuda Sains). Penelitian dilakukan terhadap siswa Kelas VIII-1 di SMP Negeri 10 Kota Tangeramg Selatan mengunakan teknik eksperimen. Data perkembangan diperoleh melalui observasi sikap dan evaluasi hasil belajar. Instrumen utama dalam penelitian ini menggunakan instrumen Lembar Kerja Siswa dan lembar observasi sikap. Indikator keberhasilan siswa adalah prestasi belajar IPA di atas KKM (75). Rata-rata prestasi belajar IPA diawal siklus sebesar 54,33, siklus 1 sebesar 61,75, siklus 2 sebesar 70,72, dan siklus 3 sebesar 80,19. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa Prestasi Belajar IPA dapat ditingkatkan dengan menggunakan media Racetrack Science (Pacuan Kuda Sains), pada pokok bahasan cahaya, lensa, cermin dan alat optik.  Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini dapat dijadikan bahan referensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 

Kata Kunci:  Media; Cahaya; Hasil Belajar

References

Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Meilia, Dike. 2013 dengan judul :“ Penggunaan Media Ular Tangga Dike untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Materi Pesawat Sederhana,â€. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukirman. (2012), Pengembangan Media Pembelajaran, Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Mada

Hidayah, Sholeh.2013. Pengembangan kurikulum baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Adittia , A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar.

DePorter, B., & Hernacki, M. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Suparno, Paul. 2013. Miskonsepsi & Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.

Abdurrahman, Mulyono. (2012). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindi Persada.

Sitepu, A. (2019). Pengembangan Kreativitas Siswa. Guepedia.

Djamarah, (2011). Psikologi Belajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Wijaya Kusuma (2011:19-24) adalah : Model Kurt Lewin, Kemmis dan Taggart, John Elliott, McKernan.

Abdurrahman, Mulyono. 2013. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Imran, Ali. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Jong, Willem De. 2017, Pendekatan Peadegogik & Didaktik Pada Siswa dengan Masalah Gangguan Perilaku. Depok: Prenada.

Khadijah. 2013. Belajar Dan Pembelajaran, Bandung: Cita Pustaka Media.

Mardianto. 2017. Psikologi Pendidikan, Medan, Perdana Publishing.

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

Tambun, S. R. (2021). Penerapan Media Racetrac Science Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Pada Pokok Bahasan Cahaya, Lensa, Cermin Dan Alat Optik. Wiyatamandala, 1(2), 207–220. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/13340