Membentuk Sikap Kemandirian Melalui Aktivitas Belajar Peserta Didik
Abstract
Tujuan penelitian ini ingin mengetahui upaya pembentukan sikap kemandirin peserta didik melalui aktivitas belajar didalam kelas, diharapkan peserta didik menjadi mandiri dalam belajar. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metodologi penelitian grounded Theory subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik MTs Nur As-Sholihat, Kepala Sekolah, Guru PPKn, Guru Agama, dan Guru BK. Instrumen dalam pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen wawancara kepada guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang mempunyai ketergantungan dengan teman ketika mengerjakan tugas, menjadi tidak bertanggung jawab pada tugasnya, belum percaya diri dalam menyampaikan pendapat atau bertanya. Namun, guru mempunyai cara dalam pembentukan sikap kemandirian yaitu salah satunya dengan memilih metode pengajaran yang tepat dalam aktivitas belajar yang dapat membangun sikap kemandirian peserta didik, sehingga menjadikan peserta didik yang berperan aktif, berani mengambil keputusan, menyelesaikan tugas dengan baik, tentunya menjadi bertanggung jawab dan percaya diri dan tidak tergantung dengan teman. Dengan begitu aktivitas belajar akan menghsilkan feed back yang baik antara guru dan peserta didik. Kata Kunci : Sikap Kemandirian; Aktivitas Belajar; Upaya Guru.References
A.M, Sardiman. 2014.Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Rajawali Pers
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar.Jakarta: PT Bumi Aksara
Mudjiman, Haris. 2011. Belajar Mandiri.Surakarta: UNS Press
Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nurhayati, N. (2015). Pengaruh Sikap dan Kebiasaan terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(3).
Palupi, T. (2017). Hubungan antara sikap dengan perilaku pro lingkungan ditinjau dari perspektif theory of planned behavior. In Proceeding Biology EducationConference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 14, No. 1,pp.214-217).
Purwanto, Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor- Faktor Yang mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Transmedia Pustaka
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2015. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta
Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.Jakarta: Bintang Indonesia