Membentuk Sikap Kemandirian Melalui Aktivitas Belajar Peserta Didik

Authors

  • Herdi Wisman Jaya Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pamulang
  • Sofi Aliffianti MTs Nur Sholihat Tangerang Selatan

Abstract

Tujuan penelitian ini ingin mengetahui upaya pembentukan sikap kemandirin peserta didik melalui aktivitas belajar didalam kelas, diharapkan peserta didik menjadi mandiri dalam belajar. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metodologi penelitian grounded Theory subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik MTs Nur As-Sholihat, Kepala Sekolah, Guru PPKn, Guru Agama, dan Guru BK. Instrumen dalam pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen wawancara kepada guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang mempunyai ketergantungan dengan teman ketika mengerjakan tugas, menjadi tidak bertanggung jawab pada tugasnya, belum percaya diri dalam menyampaikan pendapat atau bertanya. Namun, guru mempunyai cara dalam pembentukan sikap kemandirian yaitu salah satunya dengan memilih metode pengajaran yang tepat dalam aktivitas belajar yang dapat membangun sikap kemandirian peserta didik, sehingga menjadikan peserta didik yang berperan aktif, berani mengambil keputusan, menyelesaikan tugas dengan baik, tentunya menjadi bertanggung jawab dan percaya diri dan tidak tergantung dengan teman. Dengan begitu aktivitas belajar akan menghsilkan feed back yang baik antara guru dan peserta didik. Kata Kunci : Sikap Kemandirian; Aktivitas Belajar; Upaya Guru.

References

A.M, Sardiman. 2014.Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Rajawali Pers

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar.Jakarta: PT Bumi Aksara

Mudjiman, Haris. 2011. Belajar Mandiri.Surakarta: UNS Press

Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nurhayati, N. (2015). Pengaruh Sikap dan Kebiasaan terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(3).

Palupi, T. (2017). Hubungan antara sikap dengan perilaku pro lingkungan ditinjau dari perspektif theory of planned behavior. In Proceeding Biology EducationConference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 14, No. 1,pp.214-217).

Purwanto, Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor- Faktor Yang mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Transmedia Pustaka

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2015. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta

Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.Jakarta: Bintang Indonesia

Downloads

Published

2022-03-13

How to Cite

Jaya, H. W., & Aliffianti, S. (2022). Membentuk Sikap Kemandirian Melalui Aktivitas Belajar Peserta Didik. Wiyatamandala, 2(1), 92–108. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/19192