Belajar IPA Melalui STEAM Model 6E Learning By DesignTM pada Siswa Kelas VII
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model 6E learning by designTM berbasis STEAM pada materi Interaksi Makhluk Hidup kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakasanakan sebanyak 2 siklus dan siswa bekerja secara berkelompok. Siklus I diperoleh nilai terendah 60, tertinggi 95 rata-rata 70 (siswa tuntas 25). Siklus II nilai terendah 65, tertinggi 100 rata-rata 80 (siswa tuntas 30). Sikap siswa nilai minimal baik pada kondisi awal sebanyak 24 siswa, siklus I sebanyak 28 siswa dan siklus II sebanyak 32 siswa. Siswa memperoleh nilai ketrampilan minimal baik pada kondisi awal sebanyak 20 siswa, siklus I sebanyak 25 siswa dan siklus II sebanyak 30 siswa. Untuk siklus I siswa aktif 26 siswa dan siklus II siswa aktif 32 siswa. Dengan demikian pembelajaran model 6E Learning by DesignTM berbasis STEAM pada materi Interaksi Makhluk Hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII. Kata Kunci : Hasil belajar; 6E learning by designTM ; STEAMReferences
Danang, Agusta, dkk 2015, Proseding Seminar nasional Fisika dan Aplikasinya, Jatinangor, Bandung, Universitas Padjajaran,
Gunawan, Heri Indra, 2020. Bahasa Indonesia: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri, Purwokerto: Pena Persada.
Khaeroningtyas, Nisa, 2019, Implementasi STEM untuk Literasi Sains. Bojonegoro, Praktek Mandiri
Khaeroningtyas, N & Syifahayu, 2019:, Inovasi LKS IPA terpadu Suhu dan Perubahannya Berbasis STEM, Kebumen CV. Intishar Publishing
Khaeroningtyas, N,& Permanasari, A, 2016, STEM Learning In Material of Temperature and Its Change to Improve Scientific Literacy of Junior High School, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (Indonesion Journal of Science Education) Vol. 5 No.1, https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1, Semarang, Unnes
Permendikbud nomor 65. 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Prastowo.
Rhedana, I, Wayan, 2019, Pengembangan Ketrampilan Abad 21 dalam pembelajaran Kimia, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 13 No.1 Bali, Universitas Pendidikan Ganesha,
Sanjaya, Wina, 2010, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta:Prenada Media Group
Suto, 2013, Pengaruh Project Based Learning Pendekatan STEM Terhadap Literasi STEM Siswa SMP Pada Pokok Bahasan Energi, Bandung, UPI
Wulandari, Laela, 2019, Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Matematis Melalui STEM, Kuningan, Goresan Pena
Wulandari, Laela ,2019, Kemampuan Kreativitas Matematis Melalui STEM Materi Koordinat Kelas VIIIa SMP Negeri 1 Magelang, Journal Profesi Keguruan, Volume 5, No, 1, https://journal,unnes,ac,id/nju/index.php/jpk/article/view/17720, Semarang Unnes