Peningkatan Aktivitas Belajar dan Penguasaan Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup dengan Skema Bergambar Tempel Model Discovery Learning Kunjung Karya pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 WinongTahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Nurchayati Nurchayati SMP N 1 Winong, Kabupaten Pati

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep klasifikasi makhluk hidup dengan media pembelajaran skema bergambar tempel klasifikasi model discovery learning kunjung karya pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Winong Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas pada semester I tahun pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 1 Winong Kabupaten Pati. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A dengan jumlah 32 anak. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi, dan setiap siklus terdiri atas 5 pertemuan. Indikator kinerjanya 85% siswa aktivitas belajarnya baik dan sangat baik dan 85% siswa tuntas KKM 70. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Siklus I yang tuntas menjadi 59% atau 19 siswa dan pada Siklus II meningkat menjadi 91% atau 29 siswa. Tindakan pada Siklus II berhasil karena telah memenuhi indikator kinerja Kata kunci: aktivitas belajar; penguasaan konsep; skema gambar tempel; Discovery Learning; kunjung karya

References

Anonim. 2011. Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) Sertifikasi Guru

dalam Jabatan. Semarang: IKIP PGRI Semarang

Anonim. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs IPA.

Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Dhieni, Nurbiana dan Fridani, Lara. 2007. Metode Pengembangan Bahasa: Hakikat

Perkembangan Bahasa Anak. Semarang: IKIP Veteran.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Gede, Luh. 2010. Perbedaan Pemahaman Konsep dan Penguasaan Konsep.

http://mafiaol.com/2013/06/pemahaman-dan- penguasaan-konsep.html. Diakses 1

Desember 2019

Gunawan, Heri Indra. 2020. Bahasa Indonesia: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri.

Purwokerto;

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hanafiah, N. (2012). Konsep strategi pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama

Huda, Miftahul 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model

Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dhieni, Nurbiana dan Fridani, Lara. 2007. Metode Pengembangan Bahasa: Hakikat

Perkembangan Bahasa Anak. Semarang: IKIP Veteran.

Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Bealajar Siswa Aktif. Bandung:

Nuansa

Sudijono, Anas, 2004, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pressindo

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Tim. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Sains. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Junaidi, Wawan. 2010. Cara Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jakarta: PT Rineke

Cipta

Widodo, Ari. 2006. Profil Pertanyaan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Sains. Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 4, no 2, Hal. 139-148

Winataputra, Udin S. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Nurchayati, N. (2022). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Penguasaan Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup dengan Skema Bergambar Tempel Model Discovery Learning Kunjung Karya pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 WinongTahun Pelajaran 2019/2020. Wiyatamandala, 2(2), 137–145. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/23632