Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX A SMPN 2 Wawotobi Melalui Pendekatan Model Belajar Cooperative Script Pada Pembahasan Materi Tanah Dan Proses Kehidupan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX A SMPN Negeri 2 Wawotobi pada pembahasan materi tanah dan proses kehidupan. Adapun prosedur penelitian tindakan kelas direncanakan terdiri dari dua siklus setiap siklus diadakan dua pertemuan tatap muka. Hasil penelitian siklus 1 pertemuan 1 adalah, observasi aktivitas belajar dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas belajar diperoleh skor rata-rata penilaian aktivitas belajar sebesar 40% dengan kategori kurang dan menggalami peningkatan pada pertemuan 2 skor rata-rata penilaian aktivitas belajar sebesar 62% dengan kategori cukup, dan prosentase ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 60%, dengan kategori kurang dan mengalami peningkatan prosentase ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 76%, dengan kategori cukup. Hasil penelitian kegiatan siklus 2 observasi aktivitas belajar dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas belajar diperoleh skor rata-rata penilaian aktivitas belajar sebesar 70% dengan kategori baik pada pertemuan 1 dan mengalami peningkatan sebesar 82% dengan kategori tinggi pada kegiatan siklus 2 dan prosentase ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 85%, dengan kategori baik pada pertemuan 1 dan mengalami peningkatan pada pertemuan 2 prosentase ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 88% dengan kategori baik.
Kata Kunci: cooperative script, aktivitas belajar, hasil belajar
References
A’la, Miftahul. 2011. Quantum Teaching. Yogyakarta .
Amirul, Hadi. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hasbullah. 2009. Dasar – Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja grafindo Persada.
Gunawan, H.I. 2020. Bahasa Indonesia: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri. Purwokerto: Pena Persada
Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Istarani, 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif (Reverensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran) . Medan : Media Persada.
Slavin.1994. Model Pembelajaran Cooperatif Script. Jakarta: Airlangga.