Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX A SMPN 2 Wawotobi Melalui Pendekatan Model Belajar Cooperative Script Pada Pembahasan Materi Tanah Dan Proses Kehidupan

Authors

  • Hasin Hasin Guru, SMP Negeri 2 Wawotobi, Kabupaten Konawe, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX A SMPN Negeri 2 Wawotobi pada pembahasan materi tanah dan proses kehidupan. Adapun prosedur penelitian tindakan kelas direncanakan terdiri dari dua siklus setiap siklus diadakan dua pertemuan tatap muka. Hasil penelitian siklus 1 pertemuan 1 adalah,  observasi aktivitas belajar dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas belajar diperoleh skor rata-rata penilaian aktivitas belajar sebesar 40% dengan kategori kurang dan menggalami peningkatan pada pertemuan 2 skor rata-rata penilaian aktivitas belajar sebesar 62% dengan kategori cukup, dan prosentase ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 60%, dengan kategori kurang dan mengalami peningkatan prosentase ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 76%, dengan kategori cukup. Hasil penelitian kegiatan siklus 2 observasi aktivitas belajar dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas belajar diperoleh skor rata-rata penilaian aktivitas belajar  sebesar 70% dengan kategori baik pada pertemuan 1 dan mengalami peningkatan sebesar 82% dengan kategori tinggi pada kegiatan siklus 2 dan prosentase ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 85%, dengan kategori baik pada pertemuan 1 dan mengalami peningkatan pada pertemuan 2 prosentase ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 88% dengan kategori baik.

Kata Kunci: cooperative script, aktivitas belajar, hasil belajar

References

A’la, Miftahul. 2011. Quantum Teaching. Yogyakarta .

Amirul, Hadi. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hasbullah. 2009. Dasar – Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja grafindo Persada.

Gunawan, H.I. 2020. Bahasa Indonesia: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri. Purwokerto: Pena Persada

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Istarani, 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif (Reverensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran) . Medan : Media Persada.

Slavin.1994. Model Pembelajaran Cooperatif Script. Jakarta: Airlangga.

Downloads

Published

2023-02-25

How to Cite

Hasin, H. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX A SMPN 2 Wawotobi Melalui Pendekatan Model Belajar Cooperative Script Pada Pembahasan Materi Tanah Dan Proses Kehidupan. Wiyatamandala, 3(1), 72–87. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/29001