Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non-Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Kelas XI MIPA 3 Semester Ganjil SMA Negeri 1 Palopo Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non-example untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan kelas XI MIPA 3 semester ganjil SMA Negeri 1 Palopo Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan Kelas. Subyek penelitian ialah siswa kelas XI MIPA 3 dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian pada siklus I adalah 86,67; nilai terendah 46,67 dan nilai rata-rata 69,26. Pada siklus I siswa berkategori Tinggi sekali; 0%, berkategori Tinggi 10 siswa dengan persentase 27,78%, berkategori Sedang 21 siswa persentase 58,33%. berkategori Rendah 5 siswa persentase 13,89% berkategori Rendah sekali 0%. Siklus II, nilai tertinggi 100; nilai terendah 73,33 dan nilai rata-rata; 84,07 dikategorikan Tinggi sekali 5 siswa persentase sebesar 13,89 %; dikategorikan Tinggi 28 siswa persentase sebesar 78,77 %; dikategorikan Sedang; 0%; dikategorikan Rendah, dan Rendah sekali; 0%. Kesimpulannya bahwa Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Example Non-Example pada materi Sistem Pencernaan Makanan berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar Siswa Kelas XI MIPA 3 semester ganjil tahun ajaran 2022/2023.
Kata kunci: Model Example Non-Example; Hasil belajar.References
Adytiawardhana, Oki. 2015. “Implementasi Model pembelajaran Blended Learning Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015â€. Skripsi https://eprints.uny.ac.id/26147/1/Skripsi%20Full%20Oki%20Adityawardhana.pdf. Diakses 6 September 2021
Gunawan, H.I. 2020. Bahasa Indonesia: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri. Purwokerto: Pena Persada
Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Penerbit Pustaka Pelajar. Yogyakarta. Cetakan VI.
Isjoni, 2019. Cooperative Learning. Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Cetakan 9.Penerbit Alfabeta. Bandung.
Lubis, Elvina. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Kelas VII MTs. Hubbul Wathan Modal Bangsa TA 2017/2018â€. http://repository.uinsu.ac.id/5186/1/skripsi%20fix.pdf diakses 27 Maret 2022
Munawaroh, V· 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example (ENE) Terhadap Keterampilan menulis Deskripsi Peserta Didik Kleas IV Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampungâ€. http://repository.radenintan.ac.id/7796/1/SKRIPSI.pdf. diakses 10 Maret 2022
Prasetyo, MT. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Hasi; Belajar IPA Peserta Didik Kleas III_B MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagungâ€. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3374/2/skripsi%20full.pdf diakses 27 Maret 2022
Ulfah, J. 2019. “Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Strategi Number Head Together berbantu Media Gambar Pada Mata Pelajaran Agama Islam Di Kelas V SDN Purwodadi Simpang Tanjung Bintang Tahun Pelajaran 2018/2019â€. http://repository.radenintan.ac.id/6796/1/skripsi.pdf diakses 4 Februari 2022.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wibowo, Muh. Probo (2019). “Implementasi Model Cooperative Learning Examples Non Examples Pada Pembelajaran Tematik IPA Kelas IV Di SDN Pagojengan SDN Pagojengan 03 Kec. Paguyangan Brebes TP 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokertoâ€. http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6284 diakses 5 Agustus 2022
Winarti, R. 2015. “ Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melaui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achiement Division) Pada Pembelajaran IPS Kelas IV MI MiftahulKhair Tangerangâ€.
Zilita.· 2020. “Penerapan Metode pembelajaran Examples Non Examples Dalam Pembelajaran Tiqih Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirin Kota Jambiâ€. http://repository.uinjambi.ac.id/5912/1/TPG162677%20Penerapan%20Metode%20Pembelajaran%20Examples%20non%20Examples%20dalam%20pembelajaran%20fiqh%20untuk%20meningkatkan%20hasil%20belajar%20siswa%20di%20madrasah%20ibtidaiyah%20al%20muhajirin%20kota%20jambi.pdf diakses 27 Maret 2022