Penerapan Media Kentang Dan Pelepah Pisang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Materi Seni Grafis Cetak Tinggi Pada Kelas IX SMP Negeri 3 Timang Gajah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanaefektivitaspenerapan media kentang dan pelepah pisang pada mata pelajaran seni budaya materi seni grafis cetak tinggi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMPN 3 Timang Gajah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas IX SMPN 3 Timang Gajah. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes praktik, instrumen penelitian adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang I dan II serta lambar observasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif, nilai yang diperoleh siswa kemudian dianalisis menggunakan persentase. Berdasarkan penelitian, uji tes diperoleh ketuntasan 85%. Hasil analisis data, terjadi peningkatan prestasi siswa kelas IX dalam mengekspresikan seni grafis cetak tinggi. Berdasarkan nilai KKM dan indikator kinerja yang menjadi acuan penelitian ini, pada siklus I siswa yang mendapat nilai 70 ke atas adalah 54%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas adalah 85%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan media kentang dan pelepah pisang pada mata pelajaran seni budaya materi seni seni grafis cetak tinggi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMPN 3 Timang Gajah.
Kata Kunci: Penerapan; Media pembelajaran dan hasil BelajarPenerapan Media Kentang Dan Pelepah Pisang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Materi Seni Grafis Cetak Tinggi Pada Kelas IX SMP Negeri 3 Timang Gajah
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
____________. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2003. Media Pengajaran, Fungsi dan Manfaatnya. Jogya karta:Sinar Indah.
Enjah, Takari. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Genesindo
Gunawan, H.I. 2020. Bahasa Indonesia: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri. Purwokerto: Pena Persada
Islamiyah.2011. Kendala-kendala Penerapan Metode Pengajaran PAI. IAIN:Banda Aceh.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2003.Jakarta: Rineka cipta
M. A. Hoetomo. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Mitra Belajar.
Rasyid, Ahmad. Analisis Hasil Dalam Pembelajaran Modern. Jakarta Pakar Raya.
Sadiman. 2004. Metologi Pengajaran Nasional. Jakarta:Rineka Cipta.
Sanjaya. 2006. Media Dan Peranannya Dalam Pembelajaran. Jakarta: Pakar Raya.
Tatang ,S. 2003. Media Itu Apa?. Bandung. Genesindo.