Perubahan Hasil Belajar Bahasa Inggris Dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Di Kelas IX-4
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa inggris pada materi Narrative Text melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and learning. Waktu pelaksanaan yang dimulai dari siklus I dan siklus II adalah 29 hari. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX-4 SMP Negeri 15 Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Materi pelajaran yang menjadi bahan PTK di kelas IX-4 ini adalah tentang teks Narrative. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dan dinyatakan berhasil apabila nilai rata-rata kelas dari jumlah 38 siswa minimal 65, tanpa menargetkan batas nilai minimal. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata kelas sampai siklus II lebih dari 65, yaitu 84.
Kata Kunci: Prestasi belajar, Bahasa inggris, Contextual teaching and learningReferences
Gunawan, H.I. 2020. Bahasa Indonesia: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri. Purwokerto: Pena Persada
Muslich, Mansur. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta. ALFABETA
Rusman. 2012. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyanto. 2008. Modul PPG (Model – Model Pembelajaran Inovatif). Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 13.
Winkel, W.S. 2008. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Zabadi, Fairul. 2019. Bahasa Inggris dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.