Perubahan Hasil Belajar Bahasa Inggris Dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Di Kelas IX-4

Authors

  • Fitri Handayani Guru, SMPN 15 Tangerang Selatan, Tangerang Selatan, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa inggris pada materi Narrative Text melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and learning. Waktu pelaksanaan yang dimulai dari siklus I dan siklus II  adalah 29 hari. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX-4 SMP Negeri 15 Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Materi pelajaran yang menjadi bahan PTK di kelas IX-4 ini adalah tentang teks Narrative. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dan dinyatakan berhasil apabila nilai rata-rata kelas dari jumlah 38 siswa minimal 65, tanpa menargetkan batas nilai minimal. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata kelas sampai siklus II lebih dari 65, yaitu 84.

Kata Kunci:  Prestasi belajar, Bahasa inggris, Contextual teaching and learning

References

Gunawan, H.I. 2020. Bahasa Indonesia: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri. Purwokerto: Pena Persada

Muslich, Mansur. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta. ALFABETA

Rusman. 2012. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyanto. 2008. Modul PPG (Model – Model Pembelajaran Inovatif). Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 13.

Winkel, W.S. 2008. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Zabadi, Fairul. 2019. Bahasa Inggris dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Downloads

Published

2023-02-25

How to Cite

Handayani, F. (2023). Perubahan Hasil Belajar Bahasa Inggris Dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Di Kelas IX-4. Wiyatamandala, 3(1), 122–138. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/29006