Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Recount Text Menggunakan Teknik Picture Series Di Kelas VIII.7 SMP Negeri 15 Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Murniati Murniati Guru, SMP Negeri 15 Tangerang Selatan, Tangerang Selatan, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan teknik picture series dalam meningkatkan keterampilan menulis recount text pada siswa SMP Negeri 15. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.7 yang terdiri atas 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas empat tahapan setiap siklusnya, yaitu pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri tiga siklus, yaitu satu siklus yang disebut dengan siklus pratindakan dan dua siklus berikutnya yaitu siklus I dan siklus II untuk mengaplikasikan teknik picture series. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan teknik picture series dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 15 Tangerang Selatan. Hasil evaluasi sebelum diterapkan teknik ini adalah nilai rata – rata siswa 69 yang mengindikasikan bahwa nilai ini termasuk dalam kategori kurang dan belum memenuhi standar nilai KKM. Setelah penerapan model ini pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74. Dengan diadakannya siklus II sebagai perbaikan dari siklus I, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 79 dengan kategori baik. Peningkatan yang terjadi pada setiap siklusnya juga didukung dengan data kualitatif.

Kata Kunci: menulis; recount text; teknik; picture series

References

Anderson, M. & Anderson, K. 1997. Text Types in English 1. Melbourne: Macmillan Education Australia.

Arikunto dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press.

Dykes, Barbara. 2007. Grammar for Everyone: Victoria: Acer Press

Fadlun, Bahasa. 2011. Rangkuman Intisari Bahasa Inggris. Surabaya: Pustaka Agung Harapan.

Gie, The Liang. Terampil Mengarang Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Andi.

Ghazali, H. A Syukur 2010. Pembelajaran keterampilan Berbahasa. Malang: Aditama.

Gunawan, H.I. 2020. Bahasa Indonesia: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri. Purwokerto: Pena Persada

Leech, Geoffery. 2006. Glossary of Englsih Grammar: Edinburgh United Kingdom: Edinburgh University Press.

Harmer, Jeremy. 2007. The Practice of English Language Teaching. Cambrigde: Longman.

Hidayati. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Wacana Narasi Melalui Pengguanaan Media Gambar Berbasis Visual Gambar Berseri pada Mahasiswa FKIP UMM. Denpasar: Universitas Udayana.

Iskandarwassid dan Dadang Suendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munadi, Yudi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001 Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.Yogyakarta: BPFE.

Downloads

Published

2023-02-25

How to Cite

Murniati, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Recount Text Menggunakan Teknik Picture Series Di Kelas VIII.7 SMP Negeri 15 Kota Tangerang Selatan. Wiyatamandala, 3(1), 139–152. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/29007