Metode Debat Aktif dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKn

Authors

  • Nendra Suparman Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Sulastri Sulastri Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan kemampuan Public Speaking peserta didik melalui penerapan metode pembelajaran Debat Aktif. Pendekatan dalam penelitian ini dilakukan melalui pendekatan Kualitatif dengan metode Deskriptif Analitik. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMK Permata 2 Kota Bogor, Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor tahun pelajaran 2021/2022. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan coding terhadap hasil wawancara serta observasi secara langsung dilapangan kemudian dilakukan penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi yang lebih aktif seperti mengemukakan pendapat pribadi dan adu argumen serta saling bertanya didalam kelas baik antara sesama peserta didik maupun dengan guru mata pelajaran merupakan suatu indikasi dari keberhasilan penggunaan metode pembelajaran debat aktif. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan public speaking siswa melalui penggunaan metode pembelajaran debat aktif ini.

Kata kunci: Debat Aktif; Public Speaking; PPKn.

References

Moleong, L, J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Pangestika, R. R., & Ratnaningsih, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada Kemampuan Public Speaking Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan, 10 (1), 31-40.

Pramesswari, A. S. (2016). Penerapan strategi debat aktif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi pemanasan global. PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 4(03).

Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Bogor : Ghalia Indonesia.

Sholahuddin, A., & Awaliyah, S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Innovation Active Debat untuk Meningkatkan Keterampilan Menyampaikan Pendapat Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 249-259.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2002 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Utama, E. J. P., & Nugroho, A. B. (2018). Pembelajaran Sejarah dengan Metode Debat Aktif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas X MIPA Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2), 324-333.

Wardhana, M. Y. S., & Trisnawati, S. (2016). Model debat aktif dan media dadu kuis untuk mengembangkan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa SD. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(2).

Downloads

Published

2023-02-25

How to Cite

Suparman, N., & Sulastri, S. (2023). Metode Debat Aktif dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKn. Wiyatamandala, 3(1), 153–160. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/29008