Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Kooparatif Jigsaw
Abstract
Penelitian di SMP PGRI 1 Ciputat Kota Tangerang Selatan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan metode pembelajaran kooparatif Jigsaw pada siswa kelas VII SMP PGRI 1 Ciputat Kota Tangerang Selatan. Masalah yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa kelas VII SMP PGRI 1 Ciputat. Subyek penelitian adalah guru dengan siswa kelas VII-2 SMP PGRI 1 Ciputat. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Yang menjadi obyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP PGRI 1 Ciputat yang berjumlah 37 orang. Data-data yang dikumpulkan berupa data pengamatan melalui lembar observasi dan dokumen kegiatan berupa foto kegiatan pembelajaran. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kritis komparatif. Pada siklus I telah terjadi peningkatan minat belajar, hal ini terlihat dari hasil observasi awal yang hanya mendapat 35% yang berarti kurang adanya minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, setelah dilakukan penelitian tindakan kelas melalui metode pembelajaran Kooparatif Jigsaw di siklus I mengalami peningkatan menjadi 10,6% dan 91,8% yang berarti minat belajar peserta didik sudah sangat baik. Peningkatan yang terjadi juga peneliti buktikan dari hasil angket. Pada angket awal hanya terdapat 96,4% yang berarti kurangnya minat belajar peserta didik, dan setelah dilakukan penelitian tindakan kelas melalui metode pembelajaran Kooparatif Jigsaw terjadi peningkatan menjadi 98,2% yang berarti telah terjadi peningkatan minat belajar peserta didik yang sangat baik saat pembelajaran.
Kata Kunci : Minat Belajar Pendidikan Kewarganegaraan, Metode Kooparatif Jigsaw.