Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMA Negeri 3 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2023/2024 serta memperbaiki pembelajaran dan peningkatan pelayanan profesional guru dalam mengajar. Objek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah kelas XI MIA2 SMA Negeri 3 Kota Tangerang Selatan yang berjumlah 34 orang peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis untuk mengukur indikator keberhasilan yang sudah dirumuskan. Untuk mengukur peningkatan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yaitu tes, dokumentasi, serta observasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulan : motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada Kelas XI MIA2 SMA Negeri 3 Kota Tangerang Selatan mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari 72,35 % pada Siklus Pertama menjadi 83,67 pada Siklus II, yang mengalami kenaikan sebesar 11,32 %. Melihat kenyataan tersebut penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 3 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2023/2024. Walaupun masih ada peserta yang belum sepenuhnya berhasil dalam pembelajaran tetapi secara keseluruhan dapat dikatakan mengalami peningkatan secara bertahap.
Kata Kunci : motivasi belajar, model pembelajaran, problem based learning.