Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Mengemukakan Pendapat Melalui Model Pembelajaran Debat Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Authors

  • Akhirudin Universitas Pamulang
  • Beby Novita Sari Universitas Pamulang

Abstract

Upaya Meningkatkan keaktifan peserta didik dalam mengemukakan pendapat melalui model pembelajaran debat pada mata pelajaran Pendidikan KewarganegaraanPada materi Sistem Politik di Indonesia di SMA Pelita Bangsa Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2023/2004. Proses pembelajaran mempunyai tujuan, yaitu agar peserta didik aktif dalam mengemukakan pendapat pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Untuk mencapai tujuan tersebut guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang tepat digunakan dalam materi yang akan diajarkan, salah satu model pembelajaran yang diharapkan bisa meningkatkan keaktifan peserta didik dalam mengemukakan pendapat dengan menggunakan Model pembelajaran debat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran debat dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Sistem pembelajaran yang mengutamakan penanaman keberanian serta rasa tanggung jawab melalui debat. Penelitian ini merupakan penelitian dalam kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X B di SMA Pelita Bangsa Pamulang Kota Tangerang Selatan yang berjumlah 20 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk observasi, catatan lapangan, kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis untuk mengukur indikator keberhasilan yang sudah dirumuskan.Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil perhitungan akhir siklus I dan II dalam mengemukakan pendapat pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model debat pada siklus II, lebih tinggi dari pada keaktifan peserta didik dalam mengemukakan pendapat pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik dengan proses pembelajaran pada siklus I. Dengan penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan model pembelajaran debat, mendapat nilai yang maksimal yaitu dapat dilihat dari hasil akhir siklus I (60%) dan siklus II (95%).

Kata Kunci : Model pembelajaran debat, mendorong siswa, berpikir kritis

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Akhirudin, & Beby Novita Sari. (2024). Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Mengemukakan Pendapat Melalui Model Pembelajaran Debat Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Wiyatamandala, 4(1), 26–34. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/42906