Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berproyek Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa

Authors

  • Ari Fujiarti Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa merupakan hal yang dapat dapat dikembangkan melalui pembelajaran yang baik. Salah satu pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa adalah pembelajaran menggunakan pendekatan RME berproyek. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-experimental dengan one grup pretest and posttest design. Penelitian dilakukan terhadap satu kelompok tanpa adanya kelompok control atau pembanding. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gunasari. Instrumen dalam penelitian ini antara lain tes kemampuan pemahaman matematis. Data kuantitatif diolah dengan beberapa tahap yaitu uji normalitas, uji homogenitas (jika data normal) dan uji beda dua rata-rata Hasil penelitian menggunakan taraf signifikansi =0,05 (5%). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan RME berproyek dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa.

Kata Kunci : Realistic Mathematics Education Berproyek, Kemampuan Pemahaman Matematis

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Fujiarti, A. (2024). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berproyek Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Wiyatamandala, 4(2), 1–12. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/43474