Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibodas 5 Kota Tangerang
Abstract
Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibodas 5 Kota Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibodas 5 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek 5 siswa pada kelas IV, Guru kelas IV, dan orang tua siswa kelas IV. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara guru, siswa, orang tua kelas IV, dan studi dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat tiga indikator utama yang menunjukkan tingkat pemahaman siswa tentang kewajiban dan hak bervariasi, dari sangat tinggi hingga sangat rendah, dengan kebutuhan bimbingan yang berbeda-beda untuk masing-masing siswa kelas IV. Tiga indikator tersebut yaitu: Kesulitan dalam mengidentifikasi perilaku-perilaku yang menunjukkan pelaksanaan kewajiban dan hak dalam kehidupan sehari-hari, Kesulitan dalam menemukan contoh perilaku yang menunjukkan pelaksanaan kewajiban dan hak dalam kehidupan sehari-hari, Kesulitan dalam membedakan kewajiban dan hak dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Pendidikan Pancasila, Sekolah Dasar