Multimedia Sebagai Media Edukasi Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial

Authors

  • Lutfi Ayu Indiyani Politeknik Digital Boash Indonesia
  • Mas Fierna Janvierna Lusie Putri Universitas Pamulang
  • Eti Hayati Universitas Pamulang
  • Saepudin Karta Sasmita Universitas Pamulang
  • Nurullita Sari Universitas Pamulang

Abstract

mengetahui bagaimana multimédia berfungsi sebagai alat pendidikan untuk menyebarkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi milenial di Indonesia. Pancasila berfungsi sebagai bukan hanya dasar ideologi negara tetapi juga sebagai landasan moral yang mengatur semua aspek kehidupan negara, negara, dan masyarakat. Generasi milenial mengalami perubahan besar dalam perilaku dan kebiasaan mereka karena kemajuan dalam teknologi informasi dan komunikasi. Ini meningkatkan keterampilan mereka dalam interaksi digital. Media multimedia membantu mereka memahami dan menerapkan prinsip-prinsip utama Pancasila, seperti ketuhanan yang maha esa, persatuan, demokrasi, dan keadilan sosial. Untuk menyelidiki bagaimana media massa mempengaruhi persepsi dan sikap generasi milenial terhadap nilai-nilai Pancasila, studi ini menggunakan literatur dan metodologi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media massa, termasuk televisi, internet, dan media sosial, memiliki peran penting, dalam membentuk kepribadian dan sifat generasi milenial dalam mengadopsi dan menerapkan prinsip-prinsip nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Dengan memahami pentingnya peran media dalam mengajarkan prinsip Pancasila, Ada peluang bagi generasi milenial untuk menjadi agen perubahan dan terlibat aktif dalam membangun masyarakat yang beradab dan adil.

Kata Kunci : Pancasila; Multimedia, Edukasi, Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila, Generasi Milenial

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Lutfi Ayu Indiyani, Mas Fierna Janvierna Lusie Putri, Eti Hayati, Saepudin Karta Sasmita, & Nurullita Sari. (2024). Multimedia Sebagai Media Edukasi Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial. Wiyatamandala, 4(1), 35–40. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/44923