Pemanfaatan Multimedia Sebagai Sarana Belajar Mengajar

Authors

  • Charmiyanti Nurkentjana Aju Politeknik Digital Boash Indonesia
  • Mochamad Sanwasih Politeknik Digital Boash Indonesia
  • Anita Fajrianti Politeknik Digital Boash Indonesia

Abstract

Belajar mengajar adalah suatu proses interaksi antara pengajar (Dosen, instruktur) dan peserta didik (mahasiswa, atau pelajar) yang bertujuan untuk mencapai pemahaman atau penguasaan terhadap materi tertentu. Dalam konteks ini, "belajar" merujuk pada kegiatan penerimaan, pemahaman, dan pengolahan informasi oleh peserta didik, sedangkan "mengajar" merujuk pada kegiatan yang dilakukan oleh pengajar untuk menyampaikan informasi, memfasilitasi, dan mengarahkan proses belajar tersebut.Karena pentingnya proses kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi dimana dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tersebut kemungkinan adanya kendala yang terjadi, Salah satu yang menjadi kendala dan menjadi tantangan utama adalah kecenderungan proses pembelajaran yang kaku. Tujuan penelitian ini dibuat, untuk mengukur seberapa efektifnya pemanfaatan multimedia sebagai sarana kegiatan belajar mengajar bagi peserta didik. Karena melalui multimedia, proses belajar tidak lagi terbatas pada kata- kata di buku atau gambar-gambar di papan tulis. Multimedia dapat memperkaya pemahaman konsep pelajaran. Hal ini juga membantu peserta didik dengan cara belajar yang bervariasi serta menciptakan suasana belajar yang kreatif dan menarik.

Keywords: Kegiatan Belajar Mengajar, Multimedia

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Charmiyanti Nurkentjana Aju, Mochamad Sanwasih, & Anita Fajrianti. (2024). Pemanfaatan Multimedia Sebagai Sarana Belajar Mengajar. Wiyatamandala, 4(2), 78–87. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/45252