Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di SMP Negeri 83 Jakarta Barat

Authors

  • Achmad Sumali Universitas Pamulang
  • Surasni Universitas Pamulang
  • Ida Nurlina Universitas Pamulang

Abstract

Latar   Belakang   masalah   dalam   penelitian   ini   antara   lain penelitian    dapat menjelaskan dan memberi gambaran mengenai pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar IPA siswa di SMPN 83 Jakarta Barat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran berdiferensiasi   telah dilaksanakan dengan optimal dan berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa di SMPN 83 yang sedang berlangsung, walaupun dalam pelaksanaannya masih banyak kekurangan dan hambatan. Kunci keberhasilan penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar IPA siswa di SMPN 83 Jakarta Barat adalah dari kepala sekolah dan guru-gurunya harus memiliki kemauan untuk melakukan perubahan. Kepala sekolah selaku pemimpin harus dapat merubah mindset Sumber Daya Manusia yang ada di sekolah tersebut untuk mau melakukan perubahan sehinggapembelajaran berdiferensiasi dapat diterapkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan memperoleh informasi data secara statistik tentang pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar IPA siswa di SMPN 83 Jakarta Barat. Sebagaimana diketahui bahwa pembelajaran berdiferensiasi   adalah pembelajaran yang dipakai di kurikulum merdeka dan baru dipakai oleh Sekolah penggerak yang dipimpin oleh Kepala Sekolah Penggerak dan ada guru Penggerak di dalamnya.

Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar IPA, Siswa

   

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Achmad Sumali, Surasni, & Ida Nurlina. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di SMP Negeri 83 Jakarta Barat. Wiyatamandala, 4(1), 50–66. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/45261