Studi Literatur: Model Pembelajaran di Era Digitaliasasi Pada Pendidikan Sekolah Dasar

Authors

  • Cindy Fatimah Universitas Pamulang
  • Destry Natasaya Universitas Pamulang
  • Nurun Nadifa Tunisa Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRAK

Model pembelajaran di era digitalisasi dirancang untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan teknologi digital. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengekplorasi implementasi model pembelajaran yang diterapkan ditunjang oleh media dengan manfaatnya, serta dampak dari media pembelajaran digital. Metode yang digunakan ialah studi literatur dengan mengumpulkan data atau sumber dari jurnal ataupun buku yang relevan mengenai pembelajaran di era digitalisasi. Peneliti ini mengungkapkan bahwa model pembelajaran di era digitalisasi ada seperti blended learning, flipped classroom, dan fan gamifikasi. Dalam pengaplikasian model pembelajaran tersebut dibantu oleh teknologi digital seperti laptop, tablet, smartphone dengan materi pembelajaran berupa e-book, multimedia interaktif, dan aplikasi pembelajaran yang aktivitas pembelajaran menggunakan proyek, kolaborasi online, dan presentasi multimedia serta sistem penilaian digital dengan tes online, portofolio digital, dan umpan balik elektronik. Model dan media yang tepat dipilih ampak positif pemanfaatan Model dan media terhadap pencapaian belajar siswa dan motivasi belajar tetapi dalam implementasi serta penerapannya masih belum maksimal karna terkesan konvensional.

 Kata kunci: model pembelajaran, media pembelajaran, digitalisasi, implementasi, dampak

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Cindy Fatimah, Destry Natasaya, & Nurun Nadifa Tunisa. (2024). Studi Literatur: Model Pembelajaran di Era Digitaliasasi Pada Pendidikan Sekolah Dasar. Wiyatamandala, 4(1), 67–75. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/45779