Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Syahirotunnisa Universitas Pamulang
  • Vega Silvia Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas siswa pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode studi literasi dengan menggunakan 15 jurnal ilmiah online yang ditemukan melalui searching di Google Scholar atau Google Cendekia yang dipilih secara selektif dan relevan untuk di analisis. Penelitian menggunakan data sekunder yang sudah diteliti oleh peneliti sebelumnya. Hasil yang ditemukan adalah dimana dalam menerapkan Profil Pelajar Pancasila yang terdiri dari beberapa elemen atau dimensi yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, bernalarkritis dan kreatif. Siswa menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk memecahkan masalah yang ada pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dengan menggunakan model pembelajaran PBL, siswa dapat memecahkan masalah. Project yang dibuat pada P5 ini dengan dimulai dari mengidentifikasi masalah sampai dengan mempresentasikan produk hasil dari projek tersebut.

Kata Kunci: Problem Based Learning; Studi literatur; Berfikir Kreatif;  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila; Sekolah Dasar

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Syahirotunnisa, & Vega Silvia. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di Sekolah Dasar. Wiyatamandala, 4(1), 76–85. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/45781