Implementasi Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Sekolah Dasar

Authors

  • Alisiya Putri Universitas Pamulang
  • Nazwa Putri Lestari Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi model pembelajaran NHT untuk sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan menganalisis 28 artikel jurnal terkait model pembelajaran, model pembelajaran NHT, dan implementasinya untuk sekolah dasar. Model pembelajaran NHT merupakan model kooperatif atau berkelompok yang ditandai dengan setiap siswa yang diberikan nomor kepala. Kelebihan model pembelajaran NHT yaitu dapat meningkatkan interaksi siswa dengan saling berdiskusi dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Kekurangan model pembelajaran NHT terletak pada lamanya waktu yang dibutuhkan dalam penerapannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran NHT untuk sekolah dasar terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswanya. Namun, terdapat pula penelitian yang menyatakan model pembelajaran NHT tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar, hal ini dikarenakan oleh faktor rendahnya motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa.

Kata kunci: model pembelajaran; numbered head together (nht); sekolah dasar

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Alisiya Putri, & Nazwa Putri Lestari. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Sekolah Dasar. Wiyatamandala, 4(1), 86–97. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/45783