Mengkaji Strategis Projek Penguatan Profil Pancasila Terhadap Nasionalisme Dalam Kurikulum Produktif Di Era Globalisasi Pendidikan Tingkat Sekolah Dasar

Authors

  • Anyta Indah Pratywy Universitas Pamulang
  • Muhammad Weki Universitas Pamulang
  • Yuli Suryani Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan konseptual tentang bagaimana strategi proyek dapat memperkuat profil Pancasila terhadap nasionalisme dalam kurikulum produktif sekolah dasar di era globalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan. Dalam artikel ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah meninjau jurnal, buku, artikel literatur, dan dokumen lain yang terkait dengan masalah penelitian. Setelaah itu, hasil pengumpulan data dicatat dalam analisis dan dideskripsikan. Studi ini mencakup: satu proyek untuk meningkatkan profil siswa Pancasila; dua faktor yang memengaruhi pemilihan elemen dan subelemen profil siswa Pancasila di sekolah dasar; dan tiga metode yang digunakan oleh proyek untuk meningkatkan profil siswa Pancasila terhadap nasionalisme dalam kurikulum yang produktif di era globalisasi di sekolah dasar.

Kata Kunci : Strategi, Dimensi, Projek Penguatan Pancasila

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Anyta Indah Pratywy, Muhammad Weki, & Yuli Suryani. (2024). Mengkaji Strategis Projek Penguatan Profil Pancasila Terhadap Nasionalisme Dalam Kurikulum Produktif Di Era Globalisasi Pendidikan Tingkat Sekolah Dasar. Wiyatamandala, 4(1), 98–107. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/45785