PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN KELAS VIRTUAL TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DI MASA PANDEMI SISWA SMA NEGERI 2 KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • ALINURDIN ALINURDIN Dosen Universitas Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Indonesia
  • ANDHIKA SAPTA PRABOWO Dosen Universitas Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Indonesia

Abstract

Penelitian dilatar belakangi belum terlaksananya pembelajaran dengan maksimal. Belum maksimalnya pembelajaran tersebut karena masih terbatasnya kemampuan pendidik mengelola waktu dan sumber belajar yang hanya tarbatas dari buku pelajaran, terbatasnya media ataupun sumber belajar untuk peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu memberikan media alternatif dalam meningkatkan kemandirian Belajar siswa. Penelitian menggunakan Bentuk desain yang dipilih adalah Quasi Experimental Design. Bentuk design Quasi Experimental yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design dimana setiap perlakuan yang diberikan berbeda untuk mengetahui seberapa besar manfaat dalam penggunaan smartphone dialam pembelajaran. Tahapan pelaksanaannya meliputi 1) melakukan pendahuluan yang dituangkan dalam proposal yang terdiri dari menentukan latar belakang sebagai masalah dari penelitian kemudian merumuskan masalah, menentukan hipotesis, dan mengumpulkan literatur yang relevan 2) menyusun perangkat pembelajaran, membuat kisi-kisi instrumen, dan instrumen penelitian berupa angket Kemandirian Belajar siswa. Faktor yang diteliti yaitu perbedaan yang mendasar tentang penggunaan media smartphone dan perbedaan gender terhadap pengetahuan kemandirian belajar siswa. melihat hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t (independent-Samples T Test) menggunakan SPSS Windows 24 dengan hasil thitung4,832 dan Ftabel2,120 signifikan pada α 0,05, nilai rata – rata model pembelajaran yang menggunakan media smartphone sebesar 60,56 dan model pembelajaran Ekspositori sebesar 46,39 dan uji t (independent-Samples T Test) menggunakan SPSS Windows 24 dengan hasil thitung3,297 dan Ftabel2,120 signifikan pada α 0,05, nilai rata – rata kemandirian belajar yang menggunakan media smartphone sebesar 65,28 dan model pembelajaran Ekspositori sebesar 54,94 Hal ini berarti terdapat perbedaan terhadap penggunaan media smartphone dan perbedaan gender terhadap kemandirian belajar di SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan.

Kata Kunci : Smartphone; Gender; Kemandirian Belajar.

References

Abdullah, A.G dan Ridwan, T. (2008). “Implementasi PBL dalam Proses Pembelajaran di BPTP Bandungâ€. Jurnal Penelitian Pendidikan. 5, (13), 1-10.

Ahmad, Ida Farida. (2008). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siklus Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2007/2008. Tesis. Yogyakarta : UNY Press

Brookfield, Stephen. (2000). Understanding and Facilitating Adult Learning. Josey Bass Publisher: SanFransisco

Chuzaimah, Mabruroh & Fereshti, N.D (2010). Smartphone: Antara Kebutuhan Dan E-Lifestyle. UPNYK Journal of Informatika, 1(2), No 5

Herlinawati, Ferry (2010). Fenomene Gaya Hidup Penggunaan Blackberry Smartphone Di Kalangan Mahasiswa Kota Bandung. Skripsi Jurusan Komunikasi Unikom Bandung

Geary, D. C., Sault, S. J., Liu, F., & Hoard, M. K. (2000). Sex Difference in Spatial Cognition, Computational Fluency, and Arithmetical Reasoning. University of Missouri at Columbia, 77, 337–353

Gunawan, H. I. (2020). BAHASA INDONESIA: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri.

Gunawan, H. I. (2020). Nilai Religius dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Atas (Kajian Struktural Genetik dan Analisis Isi). Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 5(1), 10-20.

Jufri, W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pustaka Reka Cipta

Nur Syam, Muhammad. (1999). Pengantar Filsafat Pendidikan. Malang: FIP IKIP Malang Nurhayati, E. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : RinekaCipta

Soekanto, Soerjono. (2007). Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta: P.T.Raja Grafindo

Surna, I. N., & D, P. O. (2014). Psikologi Pendidikan. (A. Maulana, Ed.). Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama

Susilawati, Desi. (2009). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Matematika Siswa Kelas X SMA N 1 Gamping Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, UNY.

Pike, Tim. (2011). How Smartphone Technology Affects Society. University of Plymouth

Pratiwi, N., & Restuati, M. (2014). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin Yang Diajar Menggunakan Multimedia manusia. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 20(1), 8–15

Zulkifli. (2009). Psikologi Perkembangan. (T. Surjaman & D. Pakar, Eds.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-02-23

How to Cite

ALINURDIN, A., & PRABOWO, A. S. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN KELAS VIRTUAL TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DI MASA PANDEMI SISWA SMA NEGERI 2 KOTA TANGERANG SELATAN. Wiyatamandala, 1(1), 65–74. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/9621