PENGEMBANGAN SEKOLAH MODEL MELALUI SPMI (SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL) SMP NEGERI 18 KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • LELI YULIANA SMP Negeri 18 Kota Tangerang Selatan

Abstract

SMP Negeri 18 Kota Tangerang Selatan merupakan sekolah yang terus berusaha untuk meningkatkan kualitas baik dalam segi mutu maupun pelayanan administrasi bagi siswa itu sendiri. Pelaksanaan implementasi sistem penjaminan mutu internal (SPMI) di SMP Negeri 18 Kota Tangerang Selatan dilaksanakan dengan menerapkan delapan kegiatan salah satunya adalah perubahan paradigma warga sekolah.  Adapun target yang diharapkan pada Prosedur Operasional Standar (POS) tercapainya standar proses 60% dan standar penilaian 50%. Hasil auditing diperoleh standar proses 71%  ≥ daripada target yang ditetapkan dan perolehan standar penilaian 73% ≥ daripada target yang ditetapkan. Dampak positif dari kegiatan SPMI  yang dilaksanakan di SMPN 18 Kota Tangerang Selatan. Peserta didik belajar merasa lebih nyaman karena proses pembelajaran sangat menyenangkan. Suasana berkompetensi lebih hidup, karena semua bisa lebih fokus pada peningkatan    kompetensi. Peserta didik lebih meningkat rasa percaya dirinya  karena peningkatan kualitas SMPN 18 Kota Tangerang Selatan  melalui program SPMI. Bagi pendidik merasa lebih nyaman mengajar,  karena suasana belajar di kelas lebih kondusif. Lebih mudah mengarahkan peserta didik untuk meningkatkan prestasi, karena kendala semangat untuk belajar dan motivasi bersaing secara sehat dapat teratasi. Sedangkan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat sekitar meningkatnya kepercayaan terhadap sekolah. Dengan kesadaran menjaga kebersihan lingkungan  juga memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.

Kata Kunci: Sekolah Model; SPMI

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Pranada Media Grup.

Gunawan, H. I. (2020). BAHASA INDONESIA: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri.

Gunawan, H. I. (2020). Nilai Religius dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Atas (Kajian Struktural Genetik dan Analisis Isi). Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 5(1), 10-20.

Kemdikbud. 2016. Naskah Akademik Rancangan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

_________. 2017. Indikator Mutu Dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

_________. 2017. Petunjuk Pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan Oleh Satuan Pendidika. Jakarta: Kemdikbud.

_________. 2017. Petunjuk Teknis Pengembangan Sekolah Model dan Pola Pengimbasan. Jakarta: Kemdikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-02-23

How to Cite

YULIANA, L. (2021). PENGEMBANGAN SEKOLAH MODEL MELALUI SPMI (SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL) SMP NEGERI 18 KOTA TANGERANG SELATAN. Wiyatamandala, 1(1), 103–119. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/9626