Pengetahuan Digital Marketing Jual-Beli Secara Online

Authors

  • Kukuh Ilham Perdana
  • Dimas Ragil Kuncoro
  • Firmansyah Firmansyah
  • Ilham Azhari Alamsyah
  • Imam Wisnu Saputra
  • Joko Tri Wibowo
  • Osamaaji Wirapratama
  • Raka Ghalih Pramuja
  • Sadam Khadaffie
  • Wildan Asrofi
  • Dian Megasari

Abstract

Kegiatan  PKM  yang  dilaksanakan  pada masyarakat Desa Parigi Mekar, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor  bertujuan  untuk menumbuhkan  ide  &  peluang  usaha  agar  lebih  inovatif  melalui  informasi  yang diperoleh  pada  media  online  dan memanfatkan  media social(online)  menjadi digital  marketing agar tercipta suatu bisnis dan produktivitas di masa pandemic(covid-19) saat  ini,  serta  juga  meningkatkan  penjualan  produk. Kegiatan.ini dilakukan selama kurang lebih sebulan yang terbagi dalam tiga tahap, yaitu: (1) tahap penyusunan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap penilaian. selanjutnya tujuan dari kegiatan.PKM ini adalah Masyarakat di Desa Parigi Mekar. Hasil pelaksanaan kegiatan ini dapat dilakukan dengan sangat baik dengan memanfaatkan kerangka kerja yang dekat dan personal (terputus) di Aula Balai Desa Parigi Mekar, dan juga terlihat adanya rasa antusias yang tinggi dari masyarakat daerah setempat, dari 15 orang yang berpartisipasi dalam aksi tersebut dan anggota juga dapat melihat setiap penjelasan materi dengan baik dan merasa senang dengan kewajaran materi dengan memanfaatkan kebutuhan yang diinginkan para peserta dalam penjualan produk. Faktor pendukung latihan ini dapat berjalan dengan baik, terutama karena adanya bantuan dari Kepala Desa, Kelurahan dan semangat dari masyarakat daerah itu sendiri untuk berpartisipasi dalam persiapan tersebut.Sedangkan  faktor  penghambatnya  yaitu dengan adanya  kondisi  pandemik  (Covid-19) yang  mengakibatkan  proses kegiatan PKM harus dilaksanakan secara ketat dengan adanya protocol kesehatan yang membuat sebagian peserta merasa tidak nyaman.

References

Wijoyo, Hadion. 2020. Marketing, Digital Marketing. CV. Pena Persada

Mahedy, K. S. (2016). Pelatihan Pemanfaatan Media Online Sebagai Sarana Pemasaran Hasil Produksi Bagi Asosiasi Pengrajin Industri Kecil ( Apik ) Kabupaten. 389–398

Rebecca. (2016). 10 Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis

Downloads

Published

2022-05-12