Pengetahuan Digital Marketing Jual-Beli Secara Online
Abstract
Kegiatan PKM yang dilaksanakan pada masyarakat Desa Parigi Mekar, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor bertujuan untuk menumbuhkan ide & peluang usaha agar lebih inovatif melalui informasi yang diperoleh pada media online dan memanfatkan media social(online) menjadi digital marketing agar tercipta suatu bisnis dan produktivitas di masa pandemic(covid-19) saat ini, serta juga meningkatkan penjualan produk. Kegiatan.ini dilakukan selama kurang lebih sebulan yang terbagi dalam tiga tahap, yaitu: (1) tahap penyusunan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap penilaian. selanjutnya tujuan dari kegiatan.PKM ini adalah Masyarakat di Desa Parigi Mekar. Hasil pelaksanaan kegiatan ini dapat dilakukan dengan sangat baik dengan memanfaatkan kerangka kerja yang dekat dan personal (terputus) di Aula Balai Desa Parigi Mekar, dan juga terlihat adanya rasa antusias yang tinggi dari masyarakat daerah setempat, dari 15 orang yang berpartisipasi dalam aksi tersebut dan anggota juga dapat melihat setiap penjelasan materi dengan baik dan merasa senang dengan kewajaran materi dengan memanfaatkan kebutuhan yang diinginkan para peserta dalam penjualan produk. Faktor pendukung latihan ini dapat berjalan dengan baik, terutama karena adanya bantuan dari Kepala Desa, Kelurahan dan semangat dari masyarakat daerah itu sendiri untuk berpartisipasi dalam persiapan tersebut.Sedangkan faktor penghambatnya yaitu dengan adanya kondisi pandemik (Covid-19) yang mengakibatkan proses kegiatan PKM harus dilaksanakan secara ketat dengan adanya protocol kesehatan yang membuat sebagian peserta merasa tidak nyaman.
References
Wijoyo, Hadion. 2020. Marketing, Digital Marketing. CV. Pena Persada
Mahedy, K. S. (2016). Pelatihan Pemanfaatan Media Online Sebagai Sarana Pemasaran Hasil Produksi Bagi Asosiasi Pengrajin Industri Kecil ( Apik ) Kabupaten. 389–398
Rebecca. (2016). 10 Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis