Peningkatan Omset Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Era Society 5.0 di UMKM Pamulang Estat

Authors

  • Endah Asmarawati Universitas Pamulang
  • Endang Susilo Wardani Universitas Pamulang
  • Budi Aprianda Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i3.33552

Keywords:

Peningkatan Omset, UMKM, Society 5.0

Abstract

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi. Selain itu dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut juga diharapkan keberadaan perguruan tinggi khususnya dosen prodi manajemen Universitas Pamulang dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Sasaran PKM adalah para pengusaha yang tergabung dalam UMKM Pamulang Estat, Pamulang Timur. Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa sosialisasi, penyuluhan dan pelatihan kepada pelaku UMKM Pamulang Estat yang bertujuan untuk memberikan kiat untuk pengembangan usaha. Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah bertambahnya informasi terkait cara-cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan omset pada  UMKM khususnya UMKM Pamulang Estat, melalui diskusi dan tanya jawab peserta dapat solusi terkait kendala mereka dalam menjalankan usahanya.  Pengetahuan yang diperoleh dari Pengabdian Masyarakat ini diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM) untuk meningkatkan omset di era society 5.0 ini karena era society 5.0 merupakan era dimana teknologi sangatlah berkembang pesat.

References

Anjani, Noor Halimah. Potensi Ekonomi Digital 2022: Belajar dari Pertumbuhan 2021. Diakses tanggal 1 Oktober 2022. Tersedia di: https://www.cips-indonesia.org/post/opini-potensi-ekonomi-digital-2022-belajar-dari-pertumbuhan-2021?lang=id.

Anoraga, Pandji. 2007. Pendekatan Bisnis Era Globalisasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Ayu, N. A. K. (n.d.). Persaingan Industri 4.0 di Asean Dimana Posisi Indonesia. Yogyakarta: Forbil Institute.

Dwidjowijoto. 2007. Manajemen Pemberdayaan Sebuah Pengantar dan Panduan untuk Pemberdayaan masyarakat. Jakarta: Elex Media Komputindo

Eko, S. 2002. Pemberdayaan Masyarakat Desa. Pemberdayaan Masyarakat, I(2), 87–99.

Marlina, H., Tilova, N., & Isnaeni, D. (2023). Pelatihan Manajemen Kepemimpinan Dalam Berorganisasi Pada Siswa Smk Dharma Karya Jakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM): Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2), 179-182. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/31649

Nurmasari, I., Susanti, N., & Harjayanti, D. (2023). Manajemen Keuangan dan Digital Marketing Pada Wirausaha Muda. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM): Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2), 183-186. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/31788

Oktaviani, F., & Rustandi, D. 2018. Imlementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Profesi Humas UNPAD, 3(1), 1-20. (http://jurnal.unpad.ac.id/profesi-humas/article/view/15878)

Susanti, F., Soraya, A., & Metarini, A. (2023). Optimalisasi Strategi Marketing Dalam Peningkatan Daya Saing Produk Umkm di Ponpes Mathla'ul Hidayah Cisauk. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM): Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2), 176-178. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/31282

Tamuban, Tulus. 2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting. Jakarta: LP3ES.

UU No 2008 tentang UMKM bab IV pasal 6

Zahir. (2012). 5 Cara Meningkatkan Omzet Penjualan. PT. Zahir Perkasa. (https://zahiraccounting.com/id/blog/5-cara-meningkatkan-omzet-penjualan-toko/).

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Asmarawati, E., Wardani, E. S., & Aprianda, B. (2023). Peningkatan Omset Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Era Society 5.0 di UMKM Pamulang Estat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(3), 187–192. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i3.33552