Membangun Jiwa Enterpreneur pada Remaja untuk Mengurangi Pengangguran
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v3i3.33553Keywords:
Enterpreneur, Remaja, PengangguranAbstract
Kewirausahaan merupakan kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk dijadikan peluang menuju sukses. Jika dibandingkan dengan negara-negara maju di dunia, jumlah wirausaha di Indonesia masih tergolong sangat rendah. model niat kewirausahaan telah diusulkan sebagai alternatif yang lebih baik untuk memprediksi aktivitas kewirausahaan. Selain itu, Kewirausahaan dapat diartikan sebagai sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai dan kemampuan dari perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai risiko yang dihadapi. Setelah melaui survei lapangan, analisis permasalahan yang terjadi adalah masih kurang atau sedikitnya minat berwirausaha pada remaja yang mana remaja merupakan pemuda sebagai tonggak utama kemajuan bangsa terutama remaja karang taruna di wilayah RW.015 karang taruna Komplek Pesona Pamulang Pondok Petir. oleh karena itu, kami berupaya untuk memberikan solusi awal yaitu dengan memberikan penyuluhan terkait pentingnya berwirausaha di era pasca pandemi untuk meningkatkan stabilitas ekonomi dikalangan warga setempat. Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah dengan memberikan pengetahuan, berbagi pengalaman dan memberikan motivasi tentang wirausaha pada kalangan remaja karang taruna. Kegiatan dilakukan secara offline dilaksanakan di Komplek Pesona Pamulang Pondok Petir, Depok. Hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, memperlihatkan bertambahnya pengetahuan remaja karang taruna tentang wirausaha dan bagaimana menghadapi tantangan-tantangan dalam berwirausaha. Selain itu terlihat adanya antusias remaja karang taruna dengan mengajukan pertanyaan kepada pemateri.References
Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE.
Hasibuan, Malayu. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Mawarny, E., Nurmasari, I., Anjani, S. R., Amalya, N. T., & Supriadi, H. (2021). Manajemen Meraih Sukses Sejati Dengan Berwirausaha Di Era Pandemi Pada Ibu-Ibu Pkk Rt 02 Rw 04 Rangkapan Jaya Baru Depok. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(1), 54-60.
Nurmasari, I., Supriadi, H., Mawarny, E., Amalya, N. T., & Anjani, S. R. (2020). Manajemen Profesional Guru Dalam Kualitas Mendidik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia. Jurnal Lokabmas Kreatif, 1(2), 52-55.
Marlina, H., Tilova, N., & Isnaeni, D. (2023). Pelatihan Manajemen Kepemimpinan Dalam Berorganisasi Pada Siswa Smk Dharma Karya Jakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM): Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2), 179-182. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/31649
Nurmasari, I., Susanti, N., & Harjayanti, D. (2023). Manajemen Keuangan dan Digital Marketing Pada Wirausaha Muda. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM): Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2), 183-186. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/31788
Oktaviani, F., & Rustandi, D. 2018. Imlementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Profesi Humas UNPAD, 3(1), 1-20. (http://jurnal.unpad.ac.id/profesi-humas/article/view/15878)
Susanti, F., Soraya, A., & Metarini, A. (2023). Optimalisasi Strategi Marketing Dalam Peningkatan Daya Saing Produk Umkm Di Ponpes Mathla'ul Hidayah Cisauk. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM): Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2), 176-178. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/31282
Zahir. (2012). 5 Cara Meningkatkan Omzet Penjualan. PT. Zahir Perkasa. (https://zahiraccounting.com/id/blog/5-cara-meningkatkan-omzet-penjualan-toko/).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.