Pengaruh Viral Marketing dan Digital Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Lokal di Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Risyda Aulia Syahidah Universitas Pamulang

Abstract

Dampak pandemi Covid 19 sangat terasa pada dunia usaha dan dunia ekonomi. Dalam waktu yang relatif singkat, pola pemasaran juga mengalami perubahan, terutama saat diterapkannya distancing social dan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB). Pemasar harus memutar otak untuk bisa memasarkan produk atau jasanya kepada konsumen, sebagai strategi brand bertahan di tengah pandemi covid 19 dengan melakukan viral marketing dan digital marketing. Pemilihan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil dari penelitian variabel viral marketing dan digital marketing berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap variabel kepercayaan konsumen maupun keputusan pembelian. Variabel Kepercayaan Konsumen berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian berpengaruh secara serta tidak langsung sebagai variabel intervening.

 Kata kunci: Digital pemasaran, kepercayaan konsumen, keputusan pembelian, viral marketing

References

Akuntansi & Manajemen. Edisi 1. Yogyakarta: BPFE.

Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Bob Sabran, Ed 13. Jakarta: Erlangga.

Ghozali, Imam. (2011) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang:

Ghozali, Imam. (2013) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update

Gusti., Y., A dan Margaretha Maria., S., P. (2010) Perilaku Prososial ditinjau dari Empati dan

Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.

Iik Khoerhikmah dan Agus, W. (2018) Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusa

Indriantoro, Nur and Bambang Supomo. (2014) Metodologi Penelitian Bisnis Untuk

Jakarta: Erlangga.

Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi. Vol.1. No. 1.

Kotler dan Keller. (2009) Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Kotler, Amstrong dan Setyo. (2012) Pengaruh Iklan Televisi dan Harga Terhadap keputusan

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2012) Manajemen Pemasaran dialih bahasakan oleh

Kotler, Philip. (2010) Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Bahasa Indonesia Jilid 1 dan2

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Toko Sinar Muda Busa)., Jurnal Ilmiah

Pembelian Sabun Lux. Jurnal Riset Sains Indonesia.Vol.3. No.1

PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Riset Manajemen).Jurnal manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang.

Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020, March). The Significance of Educator Certification in Developing Pedagogy, Personality, Social and Professional Competencies. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019) (pp. 446-451). Atlantis Press.

Sugiyanto, . (2020) Manajemen Pemasaran : Inspiring The Salesmanship. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Banten. ISBN 9786237815853.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Downloads

Published

2021-06-19