Pengaruh Viral Marketing dan Digital Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Lokal di Masa Pandemi Covid 19
Abstract
Dampak pandemi Covid 19 sangat terasa pada dunia usaha dan dunia ekonomi. Dalam waktu yang relatif singkat, pola pemasaran juga mengalami perubahan, terutama saat diterapkannya distancing social dan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB). Pemasar harus memutar otak untuk bisa memasarkan produk atau jasanya kepada konsumen, sebagai strategi brand bertahan di tengah pandemi covid 19 dengan melakukan viral marketing dan digital marketing. Pemilihan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil dari penelitian variabel viral marketing dan digital marketing berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap variabel kepercayaan konsumen maupun keputusan pembelian. Variabel Kepercayaan Konsumen berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian berpengaruh secara serta tidak langsung sebagai variabel intervening.
Kata kunci: Digital pemasaran, kepercayaan konsumen, keputusan pembelian, viral marketing
References
Akuntansi & Manajemen. Edisi 1. Yogyakarta: BPFE.
Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Bob Sabran, Ed 13. Jakarta: Erlangga.
Ghozali, Imam. (2011) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang:
Ghozali, Imam. (2013) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update
Gusti., Y., A dan Margaretha Maria., S., P. (2010) Perilaku Prososial ditinjau dari Empati dan
Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.
Iik Khoerhikmah dan Agus, W. (2018) Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusa
Indriantoro, Nur and Bambang Supomo. (2014) Metodologi Penelitian Bisnis Untuk
Jakarta: Erlangga.
Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi. Vol.1. No. 1.
Kotler dan Keller. (2009) Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Kotler, Amstrong dan Setyo. (2012) Pengaruh Iklan Televisi dan Harga Terhadap keputusan
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2012) Manajemen Pemasaran dialih bahasakan oleh
Kotler, Philip. (2010) Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Bahasa Indonesia Jilid 1 dan2
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Toko Sinar Muda Busa)., Jurnal Ilmiah
Pembelian Sabun Lux. Jurnal Riset Sains Indonesia.Vol.3. No.1
PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Riset Manajemen).Jurnal manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang.
Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020, March). The Significance of Educator Certification in Developing Pedagogy, Personality, Social and Professional Competencies. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019) (pp. 446-451). Atlantis Press.
Sugiyanto, . (2020) Manajemen Pemasaran : Inspiring The Salesmanship. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Banten. ISBN 9786237815853.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.