MENGGALI POTENSI, MEMOTIVASI DAN MENGARAHKAN GENERASI MUDA MENYONGSONG DUNIA KERJA PADA PKBM CIPTA TUNAS KARYA CIPONDOH KOTA TANGERANG

Suwanto Suwanto, Priehadi Dhasa Eka, Randhy Agusentoso, Angga Juanda, Prasetyo Kurniawan

Abstract


ABSTRAK

 

Siswa PKBM Cipta Tunas Karya   selain bisa langsung bekerja juga bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi namun memilih jurusan di perguruan tinggi tentunya menyesuaikan dengan minat dan kemampuan para anggota. Permasalahan yang sering terjadi adalah kurangnya pengetahuan para siswa tentang rencana kedepan sehingga banyak siswa PKBM yang justru menjadi pengangguran, hal tersebut karena kurangnya pengetahuan tentang persiapan memasuki dunia kerja serta jika ingin kuliah kurangnya pengetahuan tentang jurusan yang akan diambil dan bagaimana memilih perguruan tinggi yang baik dan benar. Untuk menghadapi permasalahan tersebut perlu diberikan pengarahan kepada para anggota tentang persiapan memasuki dunia kerja atau kuliah.

Metode pengabdian yang dilakukan adalah metode ceramah sebanyak dua kali pertemuan dengan lima narasumber yang berbeda. Pertemuan pertama materi tentang bagaimana Mimpi dan Cita cita , Persiapan Memasuki Dunia Kerja, Biodata diri dan Surat Lamaran , Wawancara Lamaran Kerja , Mengenal Tipe Soal Psikotes serta cara memilih jurusan dan perguruan tinggi yang benar. Pertemuan kedua dengan melakukan praktek dari materi yang telah di berikan.

Dari kuesioner yang disebar memberikan hasil bahwa para siswa merasa puas dengan materi yang diberikan dan berharap menjadi agenda rutin di PKBM Cipta Tunas Karya  sebelum para anggota menyelesaikan pendidikan.

 

Kata Kunci : Cita Cita, Dunia Kerja, Surat Lamaran, Wawancara, Psikotes


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32493/j.pdl.v2i2.3982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 LPPM Unpam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.