MEWUJUDKAN GENERASI MUDA YANG UNGGUL DI ERA GLOBALISASI DENGAN BERBEKAL ILMU WIRAUSAHA YANG KREATIF, INOVATIF DAN DIFERENSIATIF PADA REMAJA MASJID AL HIKMAH RENI JAYA PAMULANG TANGERANG SELATAN

Aidil Amin Effendy, Mahnun Mas’adi, Widhi Wicaksono, Ahmad Nurhadi, Heri Murtiyoko

Abstract


Remaja sebagai Generasi muda saat ini lebih banyak yang menginginkan mendapatkan pekerjaan dibandingkan berwirausaha, hal ini didukung berbagai data dan penelitian dimana kurang minatnya remaja untuk berwirausaha, maka Tujuan dari Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat adalah dapat mempersiapkan remaja sebagai generasi muda yang berkompeten dan mempunyai daya saing tinggi di masyarakat untuk menjadi seorang wirausahawan yang tidak hanya dapat mengurangi jumlah pengangguran tetapi juga secara jangka panjang dapat berkontribusi terhadap negara dalam pembangunan perekonomian nasional.

 

Metode yang digunakan pada Pengabdian masyarakat ini berupa penyampaian materi secara verbal mengenai ilmu kewirausahaan dan pelajaraan dari kisah Sukses dalam berwirausaha, bimbingan dalam menjalankan bisnis sampai remaja masjid benar-benar dapat memulai dan menjalankan usahanya dan Praktek dan simulasi cara dagang dan bahasa dalam menjual produk, sehingga pihak remaja masjid dapat ilmu dan praktek cara berwirausaha yang baik dan benar.

 

Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah bertambahnya keilmuan remaja masjid Al Hikmah mengenai kewirausahaan, adanya konsultasi dan bimbingan usaha oleh Tim Dosen Unpam dan Kartu atau form evaluasi bisnis, dimana remaja masjid diberikan kartu atau form evaluasi bisnis agar mereka dapat mengetahui praktek langsung dalam berwirausaha sehingga pihak remaja masjid dalam memiliki usaha masing-masing yang dapat berkembang, mampu bersaing dan unggul di era Globalisasi.

 

Kata Kunci : Remaja Masjid, Generasi Muda, Ilmu Pengetahuan,Wirausaha


Keywords


Remaja Masjid; Generasi Muda; Ilmu Pengetahuan; Wirausaha

Full Text:

PDF

References


A Sobarna, S Hambali, S Sutiswo, D Sunarsi. (2020). The influence learning used ABC run exercise on the sprint capabilities. Jurnal Konseling dan Pendidikan 8 (2), 67-71

Ardiana, I.D.K.R., Brahmayanti, L.A. dan Subaedi. 2010. “Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya.” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 12 (1)

BPS (Badan Pusat Statistik) Kota Tangerang Selatan. 2019 https://tangselkota.bps.go.id/publication.html?Publikasi%5BtahunJudul%5D=2018&Publikasi%5BkataKunci%5D=&yt0=Tampilkan, diakses pada Desember 2019

Effendy, A. A., Murtiyoko, H., & Wicaksono, W. (2019). “Pemberian Motivasi Dalam Membangun Genenerasi Muda Yang Berkompeten Dan Religius Pada Madrasah Aliyah Ummul Qura Pondok Cabe, Pamulang Tangerang Selatan.” Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(1), 1-5

Nasution, Prof. Dr. S., 2015. “Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar”, PT Bumi Aksara, Jakarta

Sarwani, S. (2018). Hubungan Antara Perhatian Ibu-Ibu Dalam Menonton Iklan Gizi Di Televisi Dengan Kualitas Perawatan Gizi Di Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Metacommunication: Journal of Communication Studies, 2(2).

Sarwani, S., Syamsiah, N. O., & Dina, F. (2018). Pemanfaatan Perangkat Lunak Akuntansi untuk Menghasilkan Laporan Keuangan pada PT. PNM ULaMM PTPM Pontianak. Moneter-Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 5(1), 105-118.

Sarwani, S. (2019). Pengaruh Kinerja Polri Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Sim Satlantas Polres Tanggamus. Jurnal Simplex, 2(2).

Sunarsi, D., & Asmalah, L. (2018). Pelatihan Manajemen Pengembangan Diri Bagi Penerima Beasiswa RZIS UGM Dan Dompet Shalahuddin Jogjakarta. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1).

Sunarsi, D., Kusjono, G., & Nuryana, I. (2019). Pelatihan Manajemen Penguasaan Kelas Dan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Tenaga Pengajar Sukarela Taman Belajar Kreatif Mekarsari. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(1), 41-44.

Sunarsi, D., Kustini, E., Lutfi, A. M., Fauzi, R. D., & Noryani, N. (2019). Penyuluhan Wirausaha Home Industry Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Dengan Daur Ulang Barang Bekas. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(4), 188-193.

Vivathuvahna, A.A. dan Nugroho, T.R.D.A. (2015). “Intensi Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura.” Jurnal Agriekonomika, 4 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/j.pdl.v3i1.6268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.