PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA UNTUK BERWIRAUSAHA PADA SMK MUHAMMADIYAH PARUNG - BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i1.6275Keywords:
Manajemen Pemasaran, Digital Marketing, WirausahaAbstract
Tingginya tingkat pencari kerja di Kabupaten Bogor menuntut pemerintah untuk berperan serta dalam mengurangi tingkat pengangguran. Banyaknya pencari kerja yang tidak dibekali dengan keterampilan dan keahlian sehingga kemampuan yang dimiliki tenaga kerja tidak dapat diaplikasikan pada pekerjaan yang dilaksanakan. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu jiwa kewirausahaan dikalangan masyarakat kurang, keterampilan dan kemahiran manajerial di bidang bisnis rendah, produktivitas tenaga kerja rendah, keterampilan operasional yang kurang, etos kerja yang tidak tepat, kedisiplinan mengenai waktu, ketidakcermatan melaksanakan tugas dan loyalitas yang tinggi kepada diri serta minimnya pengetahuan masyarakat terhadap penggunaan teknonologi dan informasi. Kegiatan bertujuan untuk memotivasi siswa SMK Muhammadiyah Parung-Bogor dalam menghadapi dunia kerja dan persiapan memasuki perguruan tinggi di Indonesia dengan memberikan pelatihan digital marketing agar dapat membuka peluang usaha untuk berwirausaha.
Metode kegiatan dalam pelaksanaanya menggunakan berbagai metode seperti ceramah, diskusi, tanya jawab, serta memberikan pelatihan digital marketing bagi para siswa untuk berwirausaha.
Hasil kegiatan adalah para dosen memberikan pelatihan digital marketing bagi para siswa untuk berwirausaha serta para mahasiswa memberikan motivasi agar siswa mampu menghadapi persiapan memasuki dunia kerja dapat melanjutkan kejenjang perguruan tinggi.
Kata Kunci : Manajemen Pemasaran, Digital Marketing, Wirausaha
References
A Sobarna, S Hambali, S Sutiswo, D Sunarsi. (2020). The influence learning used ABC run exercise on the sprint capabilities. Jurnal Konseling dan Pendidikan 8 (2), 67-71
A Sobarna. (2015). The Mindset Of Physical Exercise (Pe) Teachers In District 134 Unpas On Their Understanding Of Physical Education After Completing In-Service Teacher Education And Professional. Journal Of Indonesian Physical Education And Sport 1 (2)
A Sudarsono, D Sunarsi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Varian Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Laboratorium Klinik Kimia Farma-Bintaro. Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi 15 (1), 16-26
Alma, 2013, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, CV Alfabeta, Bandung.
Assauri, 2012, Manajemen Pemasaran, Rajawali Pers, Jakarta. Atik dan Ratminto, 2012, Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Effendi M. Guntur, 2010, Transformasi Manajemen Pemasaran+Membangun. Citra Negara. Sagung Seto, Jakarta.
Hasibuan, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, PT Bumi Aksara, Jakarta.
Purwanti, P., Sarwani, S., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Unilever Indonesia. Inovasi, 7(1), 24-31.
Safroni, 2012, Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam. Konteks Birokrasi Indonesia. Aditya Media Publishing, Surabaya.
Sobarna, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Personalized System For Instruction (PSI) Terhadap Kebugaran Jasmani. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 8(1), 46-58.
Sunarsi, D., & Asmalah, L. (2018). Pelatihan Manajemen Pengembangan Diri Bagi Penerima Beasiswa RZIS UGM Dan Dompet Shalahuddin Jogjakarta. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1), 51-60.
Sunarsi, D., & Erlangga, A. (2020). The Effect of Leadership Style and Work Environment on the Performance of Stationary Pump Operators in the Water Resources Office of West Jakarta City Administration. International Journal of Advances in Social and Economics, 2(3).
Sunarsi, D., Kusjono, G., & Nuryana, I. (2019). Pelatihan Manajemen Penguasaan Kelas Dan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Tenaga Pengajar Sukarela Taman Belajar Kreatif Mekarsari. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(1), 41-44.
Sunarsi, D., Kustini, E., Lutfi, A. M., Fauzi, R. D., & Noryani, N. (2019). Penyuluhan Wirausaha Home Industry Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Dengan Daur Ulang Barang Bekas. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(4), 188-193.
Swastha dan Irawan, 2011, Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).