PENGELOLAAN KEUANGAN PONPES DALAM RANGKA PENINGKATAN MASYARAKAT MANDIRI DI PANTI ASUHAN IKHWANIYAH CINTA YATIM DAN DHUAFA

Authors

  • Priehadi Dhasa Eka Universitas Pamulang
  • Randhy Agusentoso Universitas Pamulang
  • Suwanto Suwanto Universitas Pamulang
  • Hafis Laksmana Nur Aldy Universitas Pamulang
  • Muhammad Gandung Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i1.6277

Keywords:

Pengelolaan Keuangan, Unit Usaha, Kapasitas, Pondok Pesantren

Abstract

Pengabdian yang dilakukan adalah pelatihan pengelolaan keuangan ponpes dalam rangka peningkatan masyarakat mandiri di PA Ikhwaniyah Cinta Yatim dan Dhuafa. Oleh karena itu pengabdian ini berfokus pada peningkatan kemampuan pengelolaan keuangan ponpes melalui pelatihan pengelolaan keuangan. Selain itu, kegiatan pengabdian ini juga memiliki tujuan untuk mendukung program pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam perencanaan keuangan ponpes.

Adapun sasaran pada pengabdian masyarakat ini adalah warga di ponpes dalam rangka peningkatan masyarakat mandiri di PA Ikhwaniyah Cinta Yatim dan Dhuafa. Program pengabdian ini dilaksanakan selama kurun waktu 3 hari. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dan juga pendampingan tentang pengelolaan keuangan ponpes.

Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa warga ponpes sangat antusias mengikuti pelatihan pengelolaan keuangan. Lebih lanjut, dengan dilaksanakannya kegiatan pengabdian ini, masyarakat khususnya warga ponpes memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan rumah tangga sesuai dengan program pemerintah. Selain itu, kegiatan ini juga mampu memberikan dukungan agar ponpes terhundar dari pihak pihak yang tidak di inginkan. Untuk kegiatan pengabdian selanjutnya diharapkan mampu memberikan pelatihan yang berkelanjutan yang memicu semangat warga ponpes untuk menghasilkan pendapatan sendiri demi meningkatkan kesejahteraan kehidupan warga ponpes.

 

Kata Kunci : Pengelolaan Keuangan; Unit Usaha, Kapasitas, Pondok Pesantren

 

References

A Sobarna, S Hambali, S Sutiswo, D Sunarsi. (2020). The influence learning used ABC run exercise on the sprint capabilities. Jurnal Konseling dan Pendidikan 8 (2), 67-71

A Sudarsono, D Sunarsi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Varian Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Laboratorium Klinik Kimia Farma-Bintaro. Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi 15 (1), 16-26

Azizah, S. N. (2014). Pengelolaan Unit Usaha Pesantren Berbasis Ekoproteksi, IX(1), 103–115.

Creswell, J. (2016). Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran).

D Sunarsi. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pendidik. Universitas Pamulang

Gumilar, I., Sunarsi, D. (2020). Comparison of financial performance in banking with high car and low car (Study of banks approved in the kompas 100 index for the period 2013-2017). International Journal of Psychosocial Rehabilitation. Volume 24 - Issue 7

Kadir, A. (2015). Pemberdayaan Santri di Pondok Pesantren Attarbiyatussakilah Kota Kendari. Al-Qalam, Vol. 21(No. 2), 221–234.

Kusdiyanto. (2008). Pengelolaan Dana Yayasan Pondok Pesantren Yatim Hajjah Patisah ( Komplek Masjid Patisah Pajang Surakarta ). Warta, Vol. II(No. 2), 81–89.

Maddinsyah, A., Sunarsi, D., Hermawati, R., Pranoto. (2020). Analysis of location selection effect on the user decision that influcence the success of the service business of micro, small and medium enterprise (MSME) in bandung timur region. International Journal of Advanced Science and Technology. Vol. 29 No. 06

Madjid, N. (1998). Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina.

Miles, B.Matthew; Huberman, M. (2014). Analisis Data Kualitatif.

Priandhika, Rendri; Nafik, M. (2016). Pencapaian Kemandirian Operasional Melalui Pengelolaan Aset Di Pondok Pesantren Annuqayah. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, Vol 3(No. 7), 575–583.

Purwanti, P., Sarwani, S., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Unilever Indonesia. Inovasi, 7(1), 24-31.

Rifqi, A. M. (2014). Strategi peningkatan dan pemanfaatan sumber pembiayaan mandiri di pondok pesantren. Manajemen Pendidikan, 24(No. 4), 325–328.

Sunarsi, D., & Asmalah, L. (2018). Pelatihan Manajemen Pengembangan Diri Bagi Penerima Beasiswa RZIS UGM Dan Dompet Shalahuddin Jogjakarta. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1).

Sunarsi, D., & Asmalah, L. (2018). Pelatihan Manajemen Pengembangan Diri Bagi Penerima Beasiswa RZIS UGM Dan Dompet Shalahuddin Jogjakarta. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1), 51-60.

Sunarsi, D., & Erlangga, A. (2020). The Effect of Leadership Style and Work Environment on the Performance of Stationary Pump Operators in the Water Resources Office of West Jakarta City Administration. International Journal of Advances in Social and Economics, 2(3).

Sunarsi, D., Kustini, E., Lutfi, A. M., Fauzi, R. D., & Noryani, N. (2019). Penyuluhan Wirausaha Home Industry Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Dengan Daur Ulang Barang Bekas. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(4), 188-193.

Sunarsi, D., Kusjono, G., & Nuryana, I. (2019). Pelatihan Manajemen Penguasaan Kelas Dan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Tenaga Pengajar Sukarela Taman Belajar Kreatif Mekarsari. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(1), 41-44.

Suwanto, S. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum Tangerang Selatan. JENIUS, 3(1), 16-23.

Suwanto, S. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Unit Telesales Pada PT BFI Finance Indonesia Tbk. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(2).

Yakin, N. (2014). Studi Kasus Pola Manajemen Pondok Pesantren Al-Raisiyah di Kota Mataram. Ulumuna, Vol. 18(No. 1).

Downloads

Published

2020-07-23