PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PBI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 8 Ciputat, Tangerang Selatan)

Ilmadi Ilmadi

Abstract


Pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah merupakan aspek yang sangat penting dalam belajar matematika. Rendahnya pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa akan mempengaruhi kwalitas belajar siswa, yang akhirnya berdampak pada rendahnya prestasi siswa di sekolah. Hal ini juga terjadi di SMA Muhammadiyah 8 Ciputat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam menyikapinya melalui pemilihan model pembelajaran yang dapat menciptakan lingkungan belajar yang membuat siswa menjadi aktif. Model PBI merupakan Salah satu alternatif untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang terdiri dari tes kemampuan awal untuk melihat kemampuan awal siswa yang terdiri dari kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah, tes akhir untuk melihat kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Mann Whitney U. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh beberapa kesimpulan, yaitu: (1) Pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan model PBI lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional; (2) Pemahaman konsep siswa yang berkemampuan awal tinggi, sedang dan rendah yang belajar dengan model PBI lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional; (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang berkemampuan awal tinggi, sedang dan rendah yang belajar dengan model PBI lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Keywords


Model Pembelajaran PBI, Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep

Full Text:

XML

References


D. B. Nasendi. Mengenal Analisa Rangkaian dan Pengendalian Pelaksanaan Proyek dengan Model PERT / CPM. 34(2): 37-47. Majalah Insinyur Indonesia.1986

Mulyono, Sri.Riset Operasi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.Jakarta.2003

Sabari, Hadi.Perancangan Network. Cetakan Pertama. PT. Hardana Ekacitra Tunggal. Yogyakarta. 1991.

Soeharto, Iman. Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional. Penerbit Erlangga. Jakarta. 1995.

Soeparlan, Soetoyo. Teknik Penjadwalan dengan Menggunankan Metode PERT. 10(4):40-44. Majalah Matematika dan Komputer

Syafriandi. Aplikasi Microsoft Project 2000 Untuk Penjadwalan Kerja Dalam Proyek Teknik Sipil. PT. Dinastindo Adiperkasa Internasional .Jakarta .2003

Wahana Komputer, Tim Penelitian Dan Pengembangan. Pengelolaan Proyek Dengan Microsoft Project 2003. Edisi Pertama. Salemba Infotek.Jakarta .2005




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jsmu.v1i1.1605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ilmadi Ilmadi



Indexed By:

Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains dan Matematika Unpam

Publisher: Universitas Pamulang
Website: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/jsmu
Official Email: jsmu@unpam.ac.id
Address: Gedung unpam III lantai 7
Jl. Raya Puspiptek, Buaran, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.