Pengintegrasian TPACK dan TALULAR dalam Mengembangkan RPP Bahasa Inggris di Masa Pandemi

Authors

  • Endang Susilawati Universitas Tanjungpura
  • Eka Fajar Rahmani Universitas Tanjungpura
  • Sumarni Sumarni Universitas Tanjungpura
  • Surmiyati Surmiyati Universitas Tanjungpura
  • Eni Rosnija Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v2i2.14688

Keywords:

Bahasa Inggris, Pandemi, TPACK, TALULAR

Abstract

Artikel yang dipublikasikan ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Topik yang diangkat adalah pengintegrasian TPACK dan TALULAR dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada masa pandemi. Program ini diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan MGMP Bahasa Inggris di kota Singkawang. Peserta yang mengikuti kegiatan PKM adalah guru-guru SMP se-Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa guru -guru peserta PKM telah berhasil mendesain atau membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang inovatif dengan mengintegrasikan pendekatan TPACK dan TALULAR pada proses belajar mengajar. RPP tersebut juga merupakan produk dan bukti keberhasilan program PKM yang telah dilaksanakan.

References

Boholano, H. (2017). Smart social networking: 21st Century teaching and learning skills. Research in Pedagogy, 7(2), 21–29. https://doi.org/10.17810/2015.45

Hidayat, Z., Saefuddin, A., & Sumartono, S. (2016). Motivasi, kebiasaan, dan keamanan penggunaan internet. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(2), 129. https://doi.org/10.24002/jik.v13i2.675

Hidayati, N., Setyosari, P., & Soepriyanto, Y. (2019). Kompetensi technological pedagogical content knowledge (TPACK) guru Soshum setingkat SMA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 291–298.

Kharisma, N. V. E. (2010). Ideal elementary school teacher criteria in the era of alpha. 10. Retrieved from http://nandaverunaenun.blogs.uny.ac.id/wp-content/uploads/sites/15335/2017/10/Kriteria-Guru-Sekolah-Dasar-Ideal-Pada-Era-Generasi-Alfa-oleh-Nanda-Veruna-Enun-Kharisma.pdf

Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2009). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60–70. https://doi.org/10.1177/002205741319300303

Lisenbee, S. P. (2016). Generation gap between students’ needs and teachers’ use of technology in classrooms. Journal of Literacy and Technology, 17(3), 100–125.

Rahmatiah, H. A., & Asiyah, N. (2019). Kesenjangan generasi antara guru dan murid sebagai tantangan digitalisasi pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 305–312.

Rahayu, S. (2018). The effect of TALULAR (Teaching and learning using Locally available resources) strategy on the students’ vocabulary mastery at SMP IT Nur Ihsan Medan in Academic Year 2017/2018. State Islamic University of North Sumatera.

Seemiller, C., & Grace, M. (2017). Generation Z: Educating and engaging the next generation of students. About Campus: Enriching the student learning experience, 22(3), 21–26. https://doi.org/10.1002/abc.21293

Wibawanto, H. (2016). Generasi Z dan pembelajaran di pendidikan tinggi. Simposium Nasional Pendidikan Tinggi, 1–12.

Downloads

Published

2023-06-03