Mengenalkan Kesantunan dalam Percakapan Bahasa Inggris melalui Pembelajaran Kooperatif

Authors

  • Amirudin Amirudin Universitas Pamulang
  • Tutik Ratna Ningtyas Universitas Pamulang
  • Ridha Ikhva Erviana Universitas Pamulang
  • Rossy Halimatun Rosyidah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v2i2.14699

Keywords:

bahasa, kesantunan, diskusi

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa dengan menginterpretasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk dibagikan kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksnakan setiap enam bulan sekali dengan melibatkan tim dosen dan mahasiswa. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini berlokasi di Rumah Yatim Intifa yang berlokasi di Jl. Dr. Setiabudi Pamulang, Kota Tangerang Selatan dengan mengusung tema “Mengenalkan Kesantunan dalam Percakapan Bahasa Inggris melalui Pembelajaran Kooperatifâ€. Ada dua belas siswa Sekolah Menengah Pertama sebagai peserta pada kegiatan ini. Dengan menerapkan dua tahapan pembelajaran yaitu pemberian materi tentang kesantuanan berbahasa dan pembelajaran kooperatif. Sebelum melakukan pembelajaran kooperatif, siswa rata-rata mendapatkan skor 1 untuk semua aspek penilaian dan sebagian besar siswa mengalami peningkatan skor setelah melakukan pembelajaran kooperatif. Hasil menunjukan bahwa melalui pembelajaran berkelompok yang dilakukan, peserta mampu menumbuhkan keberanian mereka untuk melakukan percakapan dalam Bahasa Inggris dan mengimplementasikan tata cara melakukan percakapan dengan santun.

References

(n.a.) (n.d.). Excuse me.. are you?. https://www.teach-this.com/images/resources/excuse-me-are-you.pdf

Adler, M.G., & Fagley N.S. (2005). Appreciation: Individual differences in finding value and meaning as a unique predictor of subjective well-being. Journal of Personality. 73. 79– 114

Agustini, N.M S., Marhaeni, A.A.I. & Suarnajaya, Wayan. (2013). The effect of cooperative learning techniques and students’ attitude on the reading comprehension of the eleventh grade students of SMAN I Kediri. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 1(n).

Anggraini, N., Rahayu, N., & Djunaidi, B. (2019). Kesantunan berbahasa Indonesia dalam pembelajaran di kelas x man 1 model kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus. 3(1).

Brown, H.D. (2001). Teaching by principles. Second Edition. Longman.Inc.

Case, A. (n.d.). Thanking in English. https://www.usingenglish.com/files/pdf/thanking-in-english.pdf

Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Rineka Cipta.

Efendi, A.S. (2021). Menilai kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa melalui podcast. Journal Abdimas PLJ. 1(1). 1-11.

Friedman, H.H. (2006). The power of remorse and apology. Journal of College and Character. 7(1). 1-14.

Leech, G. (1993). Prinsip-prinsip pragmatik. Universitas Indonesia Press.

Percival, N. M., Pulford, B.D. (2019). Do say “thank youâ€: Verbal expressions of politeness and gratitude influence interpersonal perceptions. The Journal of General Psychology.1-18

Yule, G. (2006). Pragmatik. Pustaka Pelajar.

Zhang, Y. (2010). Cooperative language learning and foreign language learning and teaching. Journal of Language Teaching and Research. 1(1). 81-83.

Downloads

Published

2023-06-03