Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris melalui Cergam di TK-PAUD Arambi

Authors

  • Sunardi Sunardi Universitas Pamulang
  • Yan Ardian Subhan Universitas Pamulang
  • Kholil Aziz Universitas Pamulang
  • Umi Hani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v2i2.18720

Keywords:

buku bergambar, kosakata, pengabdian

Abstract

Berdasarkan pengamatan di lapangan usaha-usaha yang dilakukan oleh pemangku kepentingan pelaksana pendidikan dalam hal ini pihak TK & PAUD Arambi Bukit Indah, belumlah menghasilkan output yang maksimal sesuai harapan, di sana sini masih ada kekurangan, karena adanya hambatan-hambatan dan faktor teknis, seperti kualitas guru yang masih rendah, sehingga mengakibatkan lemahnya kemampuan guru dalam proses belajar mengajar, minimnya pengetahuan guru tentang metode pembelajaran, dalam pemanfaatan tehnologi sebagai penunjang pembelajaran. Solusi yang ditawarkan mengadakan kegiatan pengabdian kepada siswa-siswa TK & PAUD Arambi Bukit Indah, berupa pembelajaran langsung dengan tema: “Meningatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris melalui Buku Cerita Bergambar pada lembaga pendidikan TK & PAUD Arambi, Perum Bukit Indah. Adapun metode yang dipakai adalah metode among dan sariswara, dimana dalam metode ini anak diberi kebebasan dan seorang pamong (guru) mengawasi dan membimbing anak selagi tidak ada bahaya yang mengancam, serta menggunakan sariswara, berupa tembang atau lagu-lagu dan dolanan atau permainan. Penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan akan meningkatkan kemampuan dan ketrampilan kosakata bahasa Inggris siswa-siswi, yang pada giliranya akan meningkatkan hasil pembelajaran anak didik. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat berhasil memberikan motivasi baik kepada para guru maupun anak didik untuk lebih semangat belajar bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

References

Asmawati, Luluk, dkk, (2010). Pengelolaan kegiatan pengembangan anak usia dini. Universitas Terbuka, hal. 1.44.

Demircioglu, S. (2010). “Teaching English Vocabulary to Young Learners via Dramaâ€, Pocedia Social and Behavioral Sciences, 2, 2010, p. 439.

Henry, G. T. (2011). Pengajaran Kosakata. Angkasa.

Hornby, A. S. (2000). Oxford Advanced Learner’s Dictionary. Sixth edition. Oxford University Press.

Inayatul, F. (2013). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Kartu Gambar pada siswa kelas II. Universitas Negeri Yogyakarta.

Lynch-Brown, C. & Tomlinson, C. (2005). Essentials of Children’s Literature. Allyn and Bacon.

Malu, K. F. (2013). Exploring Children’s Picture Storybooks with Adult and Adolescent EFL Learners, English Teaching Forum. Number 3.

Maretsya, Y. (2013). Pengenalan Kosa kata bahasa inggris melalui penggunaan media animasi gambar. Universitas Bengkulu.

Murni. (2017). Perkembangan Fisik, Kognitif, Dan Psikososial Pada Masa Kanak-Kanak Awal 2-6 Tahun, Jurnal Ar-Raniry, Volume III. Nomor 1. Januari – Juni 2017.

Peraturan Menteri Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional PAUD.

Richards J., & Renandya, W. (2002). Methodology in Language Teaching, An Anthology of Current Practice. Cambridge University Press.

Sit, M. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Perdana Publishing.

Solihati, T. A. (2010). Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Melalui Active Learning. Universitas Perjuangan.

Thornbury, S. (2002). How to Teach Vocabulary. Bluestone Press.

Wakana, J. (2012). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris dengan Menggunakan Alphabet Game. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Downloads

Published

2023-06-03