Meningkatkan Budaya Literasi Melalui Pelatihan Membaca Puisi di Jampang English Village
DOI:
https://doi.org/10.32493/acb.v2i2.18735Keywords:
kemampuan membaca puisi, literasi, pelatihan puisiAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi peserta didik melalui membaca puisi di Jampang English Village (JEV), Zona Madina-Parung Bogor. Kegiatan mengacu pada proses pemberian pelatihan membaca puisi oleh sepuluh orang mahasiswa dengan arahan empat orang dosen Sastra Inggris Universitas Pamulang. PKM dilaksanakan dengan metode pemberian pelatihan kepada perserta didik dan pengenalan materi tentang apa dan bagaimana strategi dalam membaca puisi untuk dapat menigkatkan kemampuan membaca serta memahami puisi bagi anak-anak secara daring dengan menggunakan video conference melaui google meet maupun zona meeting. Pada proses evaluasi, peserta didik diminta merekam kegiatan membaca puisi mereka dalam bentuk vodeo visual sehingga akan terdengar intonasi, dan pelafalan, serta terlihat ekspresi mereka membawakan puisi. Setelah direview dan disetujui, kemudian peserta didik mengirim dan mengunggah video tersebut di akun instagram @jevdompetdhuafa yang merupakan akun resmi milik Jampang English Village. Mahasiswa bertindak sebagai mentor yang mengunggah foto perserta pelatihan dan mencantumkan beberapa catatan berupa penilaian dan kemajuan peserta didik dalam membaca puisi. Mentor merumusan kendala yang dialami peserta didik selama lomba membaca puisi dan memberikan solusinya.
References
Djuanda, D. (2014). Pembelajaran Sastra di SD Dalam Gamitan Kurikulum 2013. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 191–200. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i2.883
Doyin, M. (2014). Pengembangan Materi Ajar Puisi Di Sd. Lingua, 10(1).
Friantary, H. (2019). Budaya Membaca Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 66. https://doi.org/10.29300/disastra.v1i1.1485
Hodgson, J. (2019). Literary literacy? English in Education, 53(2), 113–115. https://doi.org/10.1080/04250494.2019.1613093
Karakoc, D., & Kose, D. G. (2017). The impact of vocabulary knowledge on reading, writing and proficiency scores of EFL learners. Journal of Language and Linguistic Studies, 13(1), 352–378.
Rozak, A., Mascita, D. E., & Astuti, A. (2018). Kajian Puisi Anak dan Bahan Ajar Tematik Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 1. https://doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.992
Sharma, R., Jain, A., Gupta, N., Garg, S., Batta, M., & Dhir, S. (2016). Impact of self-assessment by students on their learning. International Journal of Applied and Basic Medical Research, 6(3), 226. https://doi.org/10.4103/2229-516x.186961
Suma, M. (2020). Assessing expression in the poetry reading skills of elementary students. International Journal of Language Education, 4(3), 420–431. https://doi.org/10.26858/ijole.v4i3.14658