Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini dengan Variasi

Authors

  • Hilma Safitri Universitas Pamulang
  • Aisyah Al-Baroroh Universitas Pamulang
  • Ria Antika Universitas Pamulang
  • Prihatin Puji Astuti Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v2i2.18854

Keywords:

aktifitas yang bervariasi, motivasi, Program PAUD, pembelajaran kosakata

Abstract

Artikel ini bertujuan memberikan informasi pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu memberikan pelatihan kepada siswa di PAUD Annur yang berada di Cogreg, Kecamatan Parung, Bogor, Jawa Barat. Penggunaan aktivitas belajar yang bervariasi dan menyenangkan merupakan yang dilakukan oleh beberapa dosen dan mahasiswa Sastra Inggris UNPAM sebagai solusi dari beberapa permasalahan yang dialami anak-anak usia dini di PAUD Annur dalam belajar kosakata bahasa Inggris dan dapat memotivasi mereka untuk belajar Bahasa Inggris.  Tujuan utama dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk membantu siswa PAUD melafalkan, mengingat dan memahami kosakata bahasa Inggris dengan mengunakan aktivitas yang bervariasi. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah drilling dengan media flashcard, game, dan song. Tujuan pembelajaran adalah pengayaan kosakata nomina bahasa Inggris dengan topik Animals. Hasil pelaksanaan pengabdian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kosakata bahasa Inggris dengan menggunakan kegiatan bervariasi dan media flashcard, game, dan song efektif membantu siswa melafalkan, mengingat dan memahami kosakata. Siswa PAUD Annur termotivasi belajar Bahasa Inggris.

References

Adriana, D. (2011). Tumbuh kembang & terapi bermain pada anak. In A. Susila & T. Utami (Eds.), Salemba Medica (2nd ed., p. 50). Penerbit Salemba Medika.

Agustin, Y. (2011). Kedudukan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Pengantar Dalam Dunia Pendidikan. Deiksis, 03(04), 354–364.

Arumsari, A. D., Arifin, B., Rusnalasari, Z. D., & Inggris, B. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 4(2), 82–170.

Bakhsh, S. A. (2016). Using Games as a Tool in Teaching Vocabulary to Young Learners. English Language Teaching, 9(7), 120. https://doi.org/10.5539/elt.v9n7p120

Byrnes, J., & Wasik, B. A. (2009). Picture This: Using Photography as a Learning Tool in Early Childhood Classrooms. Childhood Education, 85(4), 243–248. https://doi.org/10.1080/00094056.2009.10523090

Dzanic, N. D., & Pejic, A. (2016). The Effect of Using Songs On Young Learners and Their Motivation for Learning English Abstract. 1(2), 40–54. https://dx.doi.org/10.24819/netsol2016.8

Hidayati, N. N. (2017). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini dengan Kartu Bergambar. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 67–86. https://doi.org/10.35896/ijecie.v1i1.6

Holidazia, R., & Rodliyah, R. S. (2020). Strategi Siswa dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 111–120. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i1.24562

Mappiasse, S. S., & B S. Johari, A. (2014). Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing dan Evaluasi Kurikulum di Indonesia: A Review. Proceedings of The1st Academic Symposium on Integrating Knowledge, June, 109–118.

Marsitoh. (2014). Strategi Pembelajaran TK (E. Purwanto (ed.); 1st ed.).

Millington, N. T. (2011). Using Songs Effectively to Teach English to Young Learners. Language Education in Asia, 2(1), 134–141. https://doi.org/10.5746/leia/11/v2/i1/a11/millington

Safitri, H., Adinda, I., Ariani, K., & Ahmad, A. (2021). Pengenalan Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Taman Bacaan Masyarakat. Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AJPKM), 1(1), 27–33. http://almufi.com/index.php/AJPKM

Salam, U., & Nurnisa. (2021). Students’ Difficulties inLearning Vocabularies. English Community Journal, 5(1), 46–53.

Sundari, W. (2018). The Difficulties of Learning English for the Basic English Learners. Journal of Cultural, Literary, and Linguistic Studies, 2(1), 34–41.

Syaodih, E., & Agustin, M. (2016). Pengenaln Bahasa Inggris dalam Pembelajaran PAUD di Taman Kana-Kanak Kota Bandung. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 1, 145–159.

Wulandari, R., Ichsan, B., & Romadhon, Y. A. (2017). Perbedaan Perkembangan Sosial Anak Usia 3-6 Tahun Dengan Pendidikan Usia Dini Dan Tanpa Pendidikan Usia Dini Di Kecamatan Peterongan Jombang. Biomedika, 8(1). https://doi.org/10.23917/biomedika.v8i1.2900

Wulanjani, A. N. (2016). The Use of Vocabulary-Games in Improving Childen’s Vocabulary in English Language Learning. Tranformatika, 12(1), 76–83.

Downloads

Published

2023-06-03