Peningkatan Kemampuan Literasi melalui Pendampingan Penyusunan Modul Digital

Authors

  • Siti Khoiriyah Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Ana Istiani Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Rahmatika Kayyis Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v2i2.19381

Keywords:

flip pdf, literasi digital, modul digital

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi melalui pendampingan penyusunan Modul Digital dengan menggunakan aplikasi Flip Pdf Corporate Edition. Kegiatan ini dilaksanakan di MA Al-Makmur Banjar Sari melibatkan guru-guru kedua sekolah yaitu MA Al-Makmur Banjar Sari dan MA Bahrul Ulum Sudimoro sejumlah 35 guru. Kegiatan ini berdasarkan permasalahan utama yaitu sebagian besar guru hanya memotret materi modul dan dibagikan melalui Whatsapp untuk dibaca oleh murid. Sementara itu untuk evaluasi belajarnya, guru hanya mengirimkan soal untuk dijawab oleh siswa dengan cara mengirimkan foto jawaban ke guru.  Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bersifat pendampingan yang dilakukan oleh tim dosen Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Dimana didalam kegiatan pendampingan memuat sosialisasi atau pengenalan, demonstrasi penggunaan, latihan mandiri, serta pendampingan penyusunan modul digital yang dipantau melalui Whatsapp Group.  Hasil dari pelatihan ini selain laporan kemjuan penyusunan modul digital yang disusun oleh guru juga didapat dari respon positif peserta terhadap kebermanfaatan materi, pemahaman materi, penjelasan materi, dan tindak lanjut dari kegiatan ini.

References

Greenstein, L. M. (2012). Assessing 21st century skills: A guide to evaluating mastery and authentic learning. Corwin Press.

Maria, M., Shahbodin, F., & Pee, N. C. (2018). Malaysian higher education system towards industry 4.0–current trends overview. AIP Conference Proceedings, 2016(1), 20081.

Nisa, H. A., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 13–25.

Utomo, S. S. (2019). Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Eprints.Uny.Ac.Id, 1(1), 70–83.

Zinnurain. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Flip Pdf Corporate Edition Pada Mata Kuliah Manajemen Diklat. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 6.

Downloads

Published

2023-06-03