Memanfaatkan Permainan Edukatif untuk Mendeskripsikan Benda: English Talent Class SMA Negeri 2 Plus Panyabungan

Authors

  • Sartika Dewi Harahap Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal

DOI:

https://doi.org/10.32493/acb.v2i2.19502

Keywords:

English talent, describing things, game based learning, pengabdian kepada masyarakat

Abstract

Keterampilan siswa/i dalam mendeskripsikan sebuah benda dalam kalimat berbahasa Inggris memiliki tantangan tersendiri di tingkat SMA. Salah satu tantangan terberat dalam keterampilan siswa/i baik dalam berbicara (speaking) dan menulis (writing) tak lain disebabkan masih kurangnya bekal kosakata bahasa inggris yang dimiliki siswa/i yang mereka diperoleh dari tingkat SD dan SMP. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi guru, Pembina Ekstrakulikuler Talent Day dalam hal ini Pembina English Talent di SMA Negeri 2 Plus Panyabungan. Talent Day adalah salah satu terobosan yang digagas oleh SMA Negeri 2 Plus Panyabungan setiap hari Sabtu. Pada kesempatan ini sekolah meminta Dosen Program Studi Tadris Bahasa Inggris STAIN Mandailing Natal dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dibantu oleh beberapa masiswa/i untuk memberikan pendampingan berupa pengalaman belajar bahasa inggris menyenangkan yakni memanfaatkan permainan edukatif. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengalaman baru bagi peserta Kelas Talenta Bahasa Inggris (English Talent class) pada materi mendeskripsikan benda (Describing Thing) yang dipadukan dengan beberapa permainan sederhana yang menyenangkan diantaranya bernama guess the Picture, let’s play chase dan Guess me, Who Am I. Selama kegiatan berlangsung siswa/i tampak antusias, senang dan semangat juga tidak malu dan tertekan. Hal ini dikarenakan metode belajar yang digunakan tidak seperti pada belajar dikelas pada mata pelajaran wajib.  

Author Biography

Sartika Dewi Harahap, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal

Hello, My name is Sartika Dewi Harahap,M.Hum, I am a lucturer in STAIN Mandailing Natal special at English Education Department. I do like writing and making a social community service

References

Ayudia, S. E. & Waluyo, B. (2016). Analisis kesalahan penggunaan bahasa indonesia dalam laporan hasil observasi pada siswa SMP. BASASTRA. 4(1) 34 - 49.

Brown, D. H. (2001). Teaching by principles: An interactive approach to language pedagogy. Pearson Education Company.

Khoerunissa, T. & dkk. (2022). Meningkatkan keterampilan berbicara pada anak usia dini 5-6 tahun dengan kegiatan mendeskripsikan benda-benda di lingkungan sekolah. Seling: Jurnal Program Studi PGRA.

Kayi, H. (2006). Teaching speaking: Activities to promote speaking in a second language. The Internet TESL Journal 12(11).http://iteslj.org/ being accessed on May 20th, 2009.

Tarigan, H.G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.

Vidianto, I (2020). Meningkatkan keterampilan menulis descriptive text dengan menggunakan media games adjective word order pada mata pelajaran bahasa inggris di kelas X Sma Muhammadiyah 10 Surabaya. Prosiding Nasca: National Simposium dan Conference Ahlimadia

Wiyanto, A. (2004). Terampil menulis paragaraf. Grafindo.

Downloads

Published

2023-06-03