Upaya Peningkatan Minat Baca Pelajar Pangandaran dengan Pembiasaan Membaca Bersama secara Virtual
DOI:
https://doi.org/10.32493/acb.v2i2.20414Keywords:
buku, literasi, membaca, PangandaranAbstract
Sebagai kabupaten yang baru berusia 9 tahun, Pangandaran memiliki hal-hal yang masih perlu dibenahi termasuk menyoal literasi membaca, yaitu minat baca masyarakat Pangandaran masih tergolong rendah. Oleh karena itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Pangandaran yang masih rendah, terutama para pelajar Pangandaran. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan membentuk komunitas membaca @baca.pnd dengan membuat 3 program kegiatan yaitu: Reading Buddy, Book Recommendation, dan BookTalk. Untuk menjangkau para pelajar Pangandaran secara virtual, digunakan dua aplikasi yaitu: 1) Instagram untuk mengunggah informasi terkait kegiatan membaca dan rekomendasi buku setiap hari; 2) Zoom Meeting untuk melaksanakan kegiatan membaca virtual dan diskusi buku setiap hari Sabtu. Di akhir pelaksanaan, kegiatan membaca virtual menyentuh angka peserta terbanyak, yaitu 15 orang. Di hari yang sama, jumlah follower Instagram mencapai 93 akun aktif.
References
BPS. (2022). Statistik indonesia 2022 statistical yearbook of Indonesia 2022 (Direktorat Diseminasi Statistik (ed.)). BPS.
CNBC Indonesia. (2019). BPS: Usia harapan hidup ri capai 71,2 tahun. CNBC Indoneisa. https://www.cnbcindonesia.com/news/20190827153154-4-95076/bps-usia-harapan-hidup-ri-capai-712-tahun
Gaona, J. C. G., & González, E. R. V. (2011). Relationship between reading habits, university library and academic performance in a sample of psychology students. Revista De La Educación Superior, 1(157), 59.
Ma’arif, S. (2019). Tumbuhkan minat baca, dinas perpustakaan dan kearsipan pangandaran lakukan ini. SINDOnews.Com. https://daerah.sindonews.com/artikel/jabar/4550/tumbuhkan-minat-baca-dinas-perpustakaan-dan-kearsipan-pangandaran-lakukan-ini
Ma’arif, S. (2022). Hasil survei tunjukkan durasi minat baca warga pangandaran rendah. Times Indonesia. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/397128/hasil-survei-tunjukkan-durasi-minat-baca-warga-pangandaran-rendah
Madrigal, A. C. (2010). Google: There are exactly 129,864,880 books in the world. The Atlantis. https://www.theatlantic.com/technology/archive/2010/08/google-there-are-exactly-129-864-880-books-in-the-world/61024/
Pease, D. E., & McHenry, E. (2002). Forgotten readers: Recovering the lost history of african american literary societies. Duke University Press. https://muse.jhu.edu/book/70144
Rintaningrum, R. (2019). Explaining the important contribution of reading literacy to the country’s generations: Indonesian’s perspectives. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(3), 936–953.
Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insight and Interpretations.
Sedo, D. R. (2011). An Introduction to reading Communities: Processes and Formations. In Reading Communities: from Salons to Cyberspace (pp. 1–24). Palgrave MacMillan.