Strategi Branding Merek Casual Culture. Co Di Surabaya Dalam Meningkatkan Penjualan
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v4i4.10682Abstract
Pada penelitian ini, berfokus untuk mengetahui strategi branding yang dilakukan oleh CASUAL CULTURE.CO dalam meningkatkan penjualannya agar tetap menjadi pilihan konsumen dan tetap menjadi merek yang bisa berkembang di pasar bebas. Casual Culture.co adalah salah satu brand clothing yang ada di Surabaya yang menargetkan pangsa pasar tren semua kalangan khususnya anak muda. Tujuan penelitian ini juga dapat menggambarkan bagaimana mengimplementasikan atau cara branding yang dilakukan dan memperbaiki kelemahan yang dihadapi. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode deskriptif yang merupakan bagian dari analisis kualitatif dengan menggunakan teknik pengambilan data secara observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam yang berkaitan dengan strategi branding produk berdasarkan dengan menggunakan atribut produk yang meliputi, segi kualitas, fitur, desain, kemasan,label, pelayanan, jaminan, harga serta komponen identitas merek yaitu nama merek, logo dan simbol, slogan, karakter, jingle, URL/ Website yang digunakan oleh peneliti dalam menemukan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dengan metode SWOT. Hasil dari penelitian ini Dengan melalui analisis IFAS (Internal Strategy Factor Analisis Sumarry) dan EFAS (Eksternal Strategy Factor Analisis Sumarry) dapat diketahui bahwa Casual Culture memiliki skor dari faktor internal yaitu, kekuatan sebesar 1,83 dan kelemahan memiliki skor 1,12, sedangkan dari faktor eksternal memiliki skor peluang 1,61 dan skor ancaman 1,22. Pilihan strategi adalah SO, sehingga pada diagram SWOT terletak di kuadran I, yaitu perusahaan memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada sehingga strategu yang harus dilakukan adalah mendukung kebijakan pertumbuhan agresif (Growth Oriented Strategy).
Kata Kunci: Strategi Branding; Analisis SWOT
References
Fandy Tjiptono, Gregorius Candra, dan Dedi Adriana, Pemasaran Strategic, 1 ed. (Yogyakarta: ANDI, 2008)
Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Caps Publishing
Keller, Kevin Lane, 2013. Strategic Brand Management 4th Global Ed. Boston: Pearson
Kotler, Philip dan Kevin L. Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Tiga Belas. Jakarta: Erlangga.
Rivai, A., & Prawironegoro, D. (2015). Manajemen Strategis. Jakarta: Mitra Wacana Media
Rungkuti, Freddy. 2016. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI
Thamrin Abdullah dan Francis Tantri, Manajemen pemasaran, hal. 1
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.