Implikasi Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Di Pasar Blauran Kotamadya Surabaya

Authors

  • Tri Tjahjo Poernomo uwks

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v4i5.11696

Keywords:

Kata kunci, Experiental Marketing, Kepuasan Konsumen, Purposive Sampling

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasikan implikasi pengaruh experiential marketing (sense, feel, think, act, relate) terhadap aktualisasi tercapainya nilai kepuasan konsumen di pasar Blauran Kodya Surabaya. Sampel penelitian terdiri dari 60 partisipan konsumen penggiat belanja   di pasar Blauran Kodya Surabaya melalui pendekatan metode purposive sampling. Parameter  sense  tidak berpengaruh secara positip terhadap kepuasan, parameter feel berpengaruh positip secara bermakna terhadap kepuasan pelanggan, parameter think berpengaruh positip secara bermakna terhadap kepuasan pelanggan, parameter act  berpengaruh negatif secara bermakna terhadap kepuasan pelanggan, parameter relate  berpengaruh negatip secara bermakna terhadap kepuasan pelanggan, terindikasikan kondisional persepsi para partisipan tersebut manakala berbelanja di pasar blauran lebih mengutamakan dimensional sense dikuti oleh feel, think maupun act secara komprehensif. Optimalisasi keberhasilan pencapaian nilai kepuasan pelanggan dapat teraktualisasikan melalui kolaborasi pemberdayaan elemen-elemen experiental marketing (sense, feel, think, act, relate) guna merelevansikan kepositipan sikap loyal pelanggan secara nyata dewasa ini.

 

Kata kunci: Experiental Marketing; Kepuasan Konsumen; Purposive Sampling

References

Cooper, D.R. & Emory, CW. (2015). Business Research Methods, 11th Ed Richard D. Irwin, Inc. New York.

Chandra, H. 2018. Marketing Untuk Orang Awam Palembang, Maxicom.

Christian, A. & Dharmayanti, D. (2011). Pengaruh Experiential Marketing terhadap satisfaction dan customer loyalty the light cup di Surabaya Town Square. Jurnal Pemasaran Petra, Volume 1.

Ghozali, I. (2016). Analisis Multivariate Aplikasi Dengan Program SPSS, Edisi Keempat. Penerbit: Universitas Diponegoro

Hidayat, A., Ramadhani, P. (2019). Dampak Kualitas Hubungan pada Pemasaran Eksperiensial dan Kepuasan Pelanggan dalam Kasus Penjualan Tiket Online. Konferensi Internasional ke-6 IEEE tentang Teknik dan Aplikasi Industri.

Kartajaya, H. (2014). Marketing in Venus.†Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. (2017). Manajemen pemasaran, analisis perencanaan, pengendalian, prentice hall. Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba Empat.

Pine, B. J. & Gilmore, J. H. (2015). The experience economy: Work is theatre and every business a stage. Boston MA: Harvard Business School Press.

Schmitt, B. H. (2011). Experiential Marketing: How to get customer to sense, feel, think, act and relate to your company and brands. New York: The Free Press.

Smiliansky, S. (2014). Experiental Marketing: A Prectical Guide Interactive to Brand Experience. India: Replika Press

Tjiptono, F.(2014). Strategi pemasaran. 2nd ed. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Zeithaml, V. A. & Bitner, M. J. (2012), Services Marketing: Integrating Cutomer. Focus Acros the firm, 2nd ed. Boston University.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Poernomo, T. T. (2021). Implikasi Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Di Pasar Blauran Kotamadya Surabaya. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(5), 449–462. https://doi.org/10.32493/drb.v4i5.11696

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.