Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP Negeri 17 Kota Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v4i5.12549Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP Negeri 17 Kota Tangerang Selatan. Populasi dan sampel penelitian yaitu guru-guru SMPN 17 yang berjumlah sebanyak 36 responden. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan analisa data meliputi: uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji normalitas, regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, uji statistik t. Hasil penelitian diperoleh bahwa gaya kepemimpinan yang paling dominan di sekolah adalah gaya kepemimpinan demokratis. Hasil uji t diperoleh bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru dalam peningkatan kompetensi pedagogik, kepribadian dan professional. Dan tidak berpengaruh terhadap kinerja kompetensi sosial guru. Konstribusi gaya kepemimpinan terhadap setiap kompetensi sebesar 33,4% terhadap kompetensi pedagogik, 36,2 % terhadap kompetensi kepribadian, 33,4 terhadap kompetensi professional dan 13% terhadap kompetensi sosial.
Luaran yang ditargetkan dalam penelitian ini yaitu terpublikasi di jurnal ilmiah nasional ber-ISSN, serta memberikan konstribusinya terhadap ilmu pengetahuan yang dapat meningkatkan kemampuan tenaga pendidik/dosen dalam meningkatkan prestasi peserta didik/mahasiswanya.
Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan; Kinerja Guru
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Budianto, A. Aji Tri. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru pada SMK PGRI 31 Legok. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen “Kreatif†Vol 4 No.1. Hal. 135 – 159.
Darma, Agus. 2004. Managemen Supervisi, Petunjuk Praktis Bagi Para Supervisor, Jakarta; Raja Grafindo Persada.
Fattah, H. Nanang. 2004. Konsep Manajemen Berbasi sSekolah dan Dewan Sekolah. Bandung: Bani Quraisy.
Guterres, L. A., & Supartha, W. G. 2016. Pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja Guru. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5 (03).
Hadi, Sutrisno, 2000. Metodologi Penelitian, Jilid 2, Yogyakarta: ANDI.
Hamali, Arif Yusuf. 2016. Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS..
Herdiansyah. 2015. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Psikologi.Jakarta: Salemba Humanika
Isnaeni, Devi Putri. 2020. Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru PNS SD Negeri. Jurnal Ilmiah Kreatif Prodi Manajemen. Vol 8 No. 2, Hal 15 -28
Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda karya.
Nazir, Moh. 2000. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Purwanto, M.Ngalim, 2006. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: RemajaRosdakarya.
Ridwan dan Tita Lestari, 2001. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Saroni, Muhammad, 2006. Manajemen Sekolah, Jogjakarta: Ar-Ruzz.
Septiana, R., & Ivada, E. (2013). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri Wonosari. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1).
Silaen, Sofar dan Widiono. 2013. Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: In Media.
Sudiarto. 2019. Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru pada SMKN 8 Jakarta Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif. Vol.1 No. 3. Hal. 173 – 182.
Sunarsi, D. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pendidik Yayasan Marvin. Inovasi, 5(1), 1-18.
Usman, Husaini dan Akbar, Purnomo Setiady. 1999. Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara.
Yantho & Suprianto. 2020. Hubungan Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru SMP Negeri 17 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Investigasi: Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 1, No 1. Hal 6 – 18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.