Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP Negeri 17 Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Suprianto Suprianto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Gatot Kusjono Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Novia Susanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v4i5.12549

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk Analisis Gaya Kepemimpinan  Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di  SMP Negeri 17 Kota Tangerang  Selatan. Populasi dan sampel penelitian yaitu guru-guru SMPN 17 yang berjumlah sebanyak 36 responden. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan analisa  data meliputi: uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji normalitas, regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, uji statistik t. Hasil penelitian diperoleh bahwa gaya kepemimpinan yang paling dominan di sekolah adalah gaya kepemimpinan demokratis. Hasil uji t diperoleh bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru dalam peningkatan kompetensi pedagogik, kepribadian dan professional. Dan tidak berpengaruh terhadap kinerja kompetensi  sosial guru. Konstribusi gaya kepemimpinan terhadap setiap kompetensi sebesar 33,4% terhadap kompetensi pedagogik, 36,2 % terhadap kompetensi kepribadian, 33,4 terhadap kompetensi professional dan 13% terhadap kompetensi  sosial.

Luaran yang ditargetkan dalam penelitian ini yaitu terpublikasi di jurnal ilmiah nasional ber-ISSN, serta memberikan konstribusinya terhadap ilmu pengetahuan yang dapat meningkatkan kemampuan tenaga pendidik/dosen dalam meningkatkan prestasi peserta didik/mahasiswanya.

 

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan; Kinerja Guru

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Budianto, A. Aji Tri. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru pada SMK PGRI 31 Legok. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen “Kreatif†Vol 4 No.1. Hal. 135 – 159.

Darma, Agus. 2004. Managemen Supervisi, Petunjuk Praktis Bagi Para Supervisor, Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Fattah, H. Nanang. 2004. Konsep Manajemen Berbasi sSekolah dan Dewan Sekolah. Bandung: Bani Quraisy.

Guterres, L. A., & Supartha, W. G. 2016. Pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja Guru. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5 (03).

Hadi, Sutrisno, 2000. Metodologi Penelitian, Jilid 2, Yogyakarta: ANDI.

Hamali, Arif Yusuf. 2016. Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS..

Herdiansyah. 2015. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Psikologi.Jakarta: Salemba Humanika

Isnaeni, Devi Putri. 2020. Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru PNS SD Negeri. Jurnal Ilmiah Kreatif Prodi Manajemen. Vol 8 No. 2, Hal 15 -28

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda karya.

Nazir, Moh. 2000. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Purwanto, M.Ngalim, 2006. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: RemajaRosdakarya.

Ridwan dan Tita Lestari, 2001. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Saroni, Muhammad, 2006. Manajemen Sekolah, Jogjakarta: Ar-Ruzz.

Septiana, R., & Ivada, E. (2013). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri Wonosari. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1).

Silaen, Sofar dan Widiono. 2013. Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: In Media.

Sudiarto. 2019. Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru pada SMKN 8 Jakarta Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif. Vol.1 No. 3. Hal. 173 – 182.

Sunarsi, D. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pendidik Yayasan Marvin. Inovasi, 5(1), 1-18.

Usman, Husaini dan Akbar, Purnomo Setiady. 1999. Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara.

Yantho & Suprianto. 2020. Hubungan Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru SMP Negeri 17 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Investigasi: Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 1, No 1. Hal 6 – 18.

Downloads

Published

2021-09-28

How to Cite

Suprianto, S., Kusjono, G., & Susanti, N. (2021). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP Negeri 17 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(5), 389–400. https://doi.org/10.32493/drb.v4i5.12549

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.