Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Ms Glow Melalui Word Of Mouth Sebagai Variabel Mediasi
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v5i1.17205Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh celebrity endorser terhadap word of mouth, pengaruh brand image terhadap word of mouth, pengaruh kualitas produk terhadap word of mouth, pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian, pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian, pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan uji sobel test. Hasil analisis regresi menjelaskan celebrity endorser berpengaruh positif terhadap word of mouth dengan thitung = 10,770 > ttabel = 1,981. Brand image berpengaruh positif terhadap word of mouth dengan thitung = 6,911> ttabel = 1,981. Kualitas produk berpengaruh positif terhadap word of mouth dengan thitung = 2,671 > ttabel = 1,981. Word of mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan thitung = 10,770 > ttabel = 1,981. Celebrity endorser berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan thitung = 3,336 > ttabel = 1,981. Brand image berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung = 2,550 > ttabel = 1,981. Kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen dengan thitung = 2,099 > ttabel = 1,981. Hasil perhitungan sobel test menunjukkan bahwa World of Mouth memperkuat pengaruh celebrity endorses terhadap keputusan pembelian dengan nilai z = 2,179 > 1.96, World of Mouth memperkuat pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian dengan nilai z = 5,802 > 1.96 dan World of Mouth memperkuat pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan nilai z = 2,618 > 1.96.
Kata kunci: celebrity endorser; brand image; kualitas produk; keputusan pembelian; word of mouth
References
Aderina K Harahap dan Hon Husni. 2016. Peranan Celebrity Endorser Dan Citra Merek Produk Wardah Kosmetik Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Bandar Lampung. Peranan Celebrity Endorser Dan Citra Merek Produk Wardah Kosmetik Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Bandar Lampung.
Afri Dary Anandita dkk. 2019. Pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian produk sepatu futsal specs di lingkungan karang taruna mataram. Jrm vol. 19 no. 2 september 2019.
Habibah dkk. 2018. Pengaruh brand image dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah (Studi Pada Perempuan Muslim di Kota Bogor). Iqtishoduna Vol. 7 No. 2 Oktober 2018.
Heda, Naufal Savero Rakha, (2017), Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sampo (Studi Kasus Pada Merek Clear), Program Studi Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Indah Valentin. 2021. Pengaruh brand image dan beauty vlogger terhadap keputusan pembelian kosmetik make over di media sosial (instagram dan youtube). JIMEN Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen VOL. 1, NO. 2, April 2021.
Kotler, Phillip, 2009, Manajemen Pemasaran Jilid I (edisi Bahasa Indonesia). Jakarta : PT Prenhalindo.
Muhamad Roby Jatmiko. 2021. Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Dove Di. Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 3, No 1, pp 159-173 April 2021.
Nisrina, Ranty Mella. 2019. “Pengaruh Beauty Vlogger Sebagai Influencer Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik L’oreal di Counter Matahari Departement Store Bandung Indah Plaza (Survey Pada Pengunjung L’oreal di Counter Matahari Departement Store Bandung Inda,†1–189.
Nuraini, Alfiyah. 2015. “Pengaruh Celebrity Endorser Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Pada Kosmetik Wardah Di Kota SemaranG.†Semarang, 1–153.
Nurul aini, eka bertuah. 2020. Analisis pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian biore body foam melalui citra merek. JCA Ekonomi Volume 1 Nomor 2 Juli - Desember 2020.
Nurullah, Isnaeni. 2016. “Pengaruh Influencer dalam Meningkatkan Brand Awareness dan Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus : Fashion Blogger Diana Rikasari dan Brand Up Shoes).†Universitas Indonesia.
Puspita, Debrina, 2017, Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara), Skripsi, Program Strata-1 Manajemen Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara, Medan.
Sharma, Rica. 2014. “Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth di Social Media dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi dalam Memilih Preschool Highscope).†Universitas Indonesia.
Sinaga, Sefrina. 2019. “Pengaruh Brand Image , Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Produk MakeOver pada Pengunjung Counter Make Over di Plaza Medan Fair.†Sumatera Utara, 1–79.
Suciningtyas, Wulan. (2012). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Media Communication Terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal. Vol. 1 No 1 Agustus 2012.
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andy Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.