ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMITMEN TERHADAP KINERJA (STUDI KASUS PADA DITJEN PENGEMBANGAN KAWASAN TRANSMIGRASI, KEMENTERIAN DESA PENGEMBANGAN DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI)

Authors

  • Suprapto Suprapto Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v1i2.2111

Abstract

ABSTRAK

       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara kepemimpinan dan komitmen dengan kinerja organisasi, Metode penelitian dengan metode survei, responden adalah pejabat eselon IV sebanyak 50 orang secara populasi dari teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan 3 variabel yaitu kepemimpinan dan komitmen (independen) serta kinerja (dependen).

       Instrumen yang digunakan berbentuk checklist dengan skala likert, teknik analisis data menggunakan statistik korelasi product moment dan korelasi ganda dengan pengujian signifikan hubungan. Berdasarkan analisis dan pembahasan penelitian menemukan bahwa : variabel kepemimpinan (X1) = r hitung 0,489 > r tabel 0,444 artinya kualitas kepemimpinan dengan kemampuan kinerja berhubungan secara signifikan . Variabel komitmen (X2) = r hitung 0,631 > r tabel 0,444 artinya komitmen pimpinan dengan pegawai dipatuhi dan dijalankan dalam realisasi pekerjaan, maka akan dapat meningkatkan kinerja. Variabel kepemimpinan dan komitmen = r hitung > r tabel 2,81. Hubungan ini sangat akurat artinya hubungan secara individual pimpinan dengan komitmen sangat signifikan.

 

Kata Kunci : Kepemimpinan, komitmen, Kinerja.

Downloads

Published

2018-12-10

How to Cite

Suprapto, S. (2018). ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMITMEN TERHADAP KINERJA (STUDI KASUS PADA DITJEN PENGEMBANGAN KAWASAN TRANSMIGRASI, KEMENTERIAN DESA PENGEMBANGAN DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI). Jurnal Disrupsi Bisnis, 1(2). https://doi.org/10.32493/drb.v1i2.2111

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.