The Influence of Purchasing Channels and Brands on Purchasing Decisions Freight Forwarding Services PT Pos Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v7i3.27688Abstract
The experience and extensive network of goods delivery service PT Pos Indonesia (Persero) does not make it the main choice for consumers. In fact, recently the goods delivery service PT Pos Indonesia (Persero) has always been inferior to its competitors from private companies. There are at least two top factors in choosing PT Pos Indonesia (Persero) goods delivery services by consumers, namely purchasing channel selection and brand selection. The purpose of this research is to determine the influence of purchasing channel selection and brand selection on purchasing decisions for PT Pos Indonesia (Persero) goods delivery services among e-commerce consumers. The research method used in this research is a quantitative research method using primary data obtained using a questionnaire distributed to 97 people and using secondary data as supporting data. The analytical methods used in this research are validity test, reliability test, classical assumption test consisting of normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, hypothesis test using the f test, t test, and coefficient of determination test. The results of this research show that the choice of purchasing channel and brand choice influence partially or jointly the decision to purchase PT Pos Indonesia (Persero) goods delivery services among e-commerce consumers.
References
Alma. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta,
Azmi, Syuhada. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Distribusi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handpone OPPO Tipe A Series Pada OPPO Indonesia Cabang Jambi (Studi Kasus Penduduk di Kota Jambi). Jambi: Fakultas Ekonomi Universitas Batanghari Jambi.
Basu Swastha & Irawan. (2019). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Fatihudin, Didin dan Anang Firmansyah. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
GoodStats. (2023). 5 Website E-commerce Terpopuler di Indonesia 2022, https://goodstats.id/article/5-website-e-commerce-terpopuler-di-indonesia-2022-JJvgW, diakses pada tanggal 17 Juli 2023.
Novianingsih. (2020). Pengaruh Pengalaman Kerja Auditor dan Pelatihan Auditor Terhadap Keahlian Auditor. Jakarta: STIE Indonesia.
Nur Avika, Hijrah. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Kosmetik Wardah di Desa Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Riau: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.
Pos Indonesia. (2023). Product Services, https://www.posindonesia.co.id/en, diakses pada tanggal 17 Juli 2023.
Rizki, Nadia. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Parfum di Kota Banda Aceh (Studi di Kecamatan Syiah Kuala). Banda Aceh: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
SAB. (2021). Perkembangan E-Commerce Indonesia di Era Globalisasi, https://www.sab.id/e-commerce-indonesia-di-era-globalisasi/, diakses pada tanggal 17 Juli 2023.
Saharuddin, Sarah. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap keputusan Pembelian Jilbab Zoya di Kota Makassar. Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.
Saputra, Ridho. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Distro Label Store Pekanbaru. Pekanbaru: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau.
Solehudin, Nanang. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Jasa Pengiriman Barang PT Pos Indonesia (Persero) (Studi di Wilayah Bandung Raya). Bandung: Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bandung.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.
Sutisna, Mamun dan Ira Siti Sarah. (2021). Analisis Keputusan Pembelian BTS Meal: Tinjauan Pemilihan Produk, Merek, Penyalur, Kuantitas Pembelian, Waktu Pembelian, dan Metode Pembayaran. Bandung: Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bandung.
Viollina, Selma. (2022). Ketika Pak Pos Tidak Hanya Mengantar Surat: Jasa Pengiriman Pos Indonesia di Mata Pedagang Online. Yogyakarta: Lembaran Antropologi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Sholehudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.