Pengaruh Harga, Lokasi dan Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada Pelanggan Cafe In Out

Authors

  • Tasya Nadya Prasesa Universitas Sumatera Utara
  • Onan Marakali Siregar Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.34269

Keywords:

Harga, Lokasi, Digital Marketing, Keputusan Pembelian

Abstract

Pada perkembangan era globalisasi saat ini menyebabkan berkembangnya teknologi yang semakin dinamis, hal ini membuat konsumen dapat dengan cepat mengetahui informasi tentang keberadaan suatu produk. Pelaku usaha dituntut dengan cepat dan tepat untuk bertindak agar tidak kalah bersaing. Salah satu cafe yang ada pada kota Medan yaitu Cafe In Out yang melakukan Strategi pemasaran untuk menarik perhatian konsumen menggunakan harga, lokasi dan digital marketing efektif untuk meningkatkan keputusan pembelian. Tujuan untuk mengetahui pengaruh harga, lokasi dan digital marketing terhadap keputusan pembelian produk Cafe In Out pada pelanggan Cafe In Out. Analisa data yang digunakan secara parsial dan secara simultan terhadap keputusan pembelian impulsif. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Dengan sampel non-probability sampling dan teknik purposive sampling sebanyak  100 responden. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara langsung dan     data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga, lokasi dan digital marketing berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pada Cafe In Out dengan konstribusi sebesar 26,4%,

References

Agustina Shinta. (2020). Manajemen Pemasaran. Badan Penerbit Universitas Brawijaya Press.

Andy Prasetyo. Jefry Aulia. Aniek Indrawati. (2020) Digital Marketing. Malang:PT. Literindo Berkah Karya.

Biantoro Raymond. (2021). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Martabak BAPR. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Vol 6 No.1, pp.42.

Buchari Alma. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: ALFABETA

Fandy Tjiptono. (2016). Pemasaran. Jasa-Prinsip Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta:Andi Offset. Meithiana Indrasari. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Menik Aryani. (2021). Analisis Digital Marketing Hotel Kila di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Visionary. Vol.6 No 1, pp. 26.

Monik & Siregar, O. M. (2022). Strategi Pemasaran Toko Meidy Fashion dalam Mempertahankan Bisnis pada Masa Pandemi Covid-19. Regress: Journal of Economics & Management, 2(1), 1-11

Silaban.Hikmah. (2020). Pengaruh Kualitas, Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Pada PT. Putera Karyasindo Prakarsa . Jurnal Ilmiah Maksitek. Vol 5 No. 2, pp. 76.

Soraya. A & Siregar, O. M. (2021). Pengaruh Country of Origin dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic pada Mahasiswa di Universitas Sumatera Utara. SENRIABDI, 400-416.

T. Chairatul Nisa. Onan Marakali Siregar. (2022). Pengaruh Faktor Lokasi, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada UMKM sunthai tea Stabat. Jurnal Ekonomi Kreatif dan Manajemen Bisnis Digital. Vol. 1 No.2,pp. 136.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Prasesa, T. N., & Siregar, O. M. (2024). Pengaruh Harga, Lokasi dan Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada Pelanggan Cafe In Out. Jurnal Disrupsi Bisnis, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.34269

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.